Kabar Bima

Perjelas Kewenangan dan Tupoksi, KPPN Bima Gelar Media Gathering

271
×

Perjelas Kewenangan dan Tupoksi, KPPN Bima Gelar Media Gathering

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menggelar media gathering bersama puluhan insan pers, di kantornya, Senin (3/2). Pertemuan tersebut sekaligus memperjelas sistem wilayah kerja serta Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) KPPN Bima.

Perjelas Kewenangan dan Tupoksi, KPPN Bima Gelar Media Gathering - Kabar Harian Bima
Foto bersama para pekerja media dan jajaran KPPN Bima. Foto: Ist

Kepala KPPN Bima Doddy Handaryadi mengatakan, KPPN merupakan lembaga penyalur dana dari pusat untuk pembangunan di daerah. Seperti Dana Alokasi Umum, DAK Fisik, Dana Insentif Pusat dan Dana Desa.

Perjelas Kewenangan dan Tupoksi, KPPN Bima Gelar Media Gathering - Kabar Harian Bima

“Kami hanya bertugas mencairkannya ke kas daerah dengan prasyarat yang telah ditentukan. Contohnya dana desa yang dicairkan dengan metode 40 persen pertama, 40 persen tahap kedua dan terakhir sebesar 20 persen,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pencairan dana desa tahap kedua, desa harus membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa pada tahap pertama, kemudian bisa dicairkan tahap kedua.

Mengenai dana kelurahan, diakui Doddy dana tersebut masuk dalam Dana Alokasi Umum. Tidak terpisah seperti dana desa. Penyalurannya pun, tidak melalui KPPN daerah tapi langsung dari KPPN pusat ke Kas Daerah (Kasda).

Pada kesempatan itu Doddy juga memastikan media bisa dengan mudah mengakses data apapun yang berkaitan dengan anggaran rakyat yang disalurkan melalui KPPN Bima.

“Kawan-kawan media yang menginginkan data soal penyaluran uang rakyat, silahkan. Kami terbuka saja, sepanjang itu bagian dari kewenangan kami,” tegasnya.

Ia menambahkan, selama menjalankan tugas penyaluran dana rakyat itu. KPPN sama sekali tidak menerima bantuan atau imbalan dalam bentuk apapun. Karena keberadaan KPPN memacu daerah untuk memenuhi target pembangunan.

“Salahsatu tugas kami, ya menggenjot pemda untuk segera merealisasikan anggaran yang sudah digelontorkan untuk pembangunan di daerah,” tambahnya.

*Kahaba-04