oleh

BKPH MDM Bersama Muspika Lambu Patroli Kosongkan Areal Perambahan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Resort Lambu BKPH Maria Donggomasa (MDM) menggelar patroli pengamanan hutan di kawasan hutan Blok Desa Lambu bersama Muspika Kecamatan Lambu dan Pemdes Lambu, Selasa kemarin.

BKPH MDM Bersama Muspika Lambu Patroli Kosongkan Areal Perambahan
Foto bersma jajaran BKPH Maria Donggomasa bersama Muspika Lambu saat patroli. Foto: Ist

Menurut Kepala Resort Lambu BKPH MDM Jikarullah, patroli ini dilakukan atas dasar hasil pantauan lapangan bahwa di blok hutan tersebut ada aktivitas perambahan yang dilakukan warga.

“Indikasinya warga yang berasal dari Desa Rato Lambu dan Desa Sangia Sape,” ungkapnya saat menyampaikan siaran pers ke media ini, Rabu (5/2).

Diakui Jikarullah, warga yang ditemui di lokasi yang berjumlah 5 orang. Kemudian diberikan pembinaan dan ditegaskan untuk mengosongkan areal, serta tidak dikerjakan lagi pada area perambahan.

Menurut dia, kepala Desa Lambu yang ikut dalam patroli juga berjanji akan terus bersinergi dengan BKPH Maria Donggomasa dalam pengamanan hutan di wilayahnya. Bahkan akan dibentuk kelompok utnuk menjaga keamanan kawasan di Desa Lambu.

Sementara itu, Kepala BKPH Maria Donggomasa Ahyar HMA menjelaskna, dalam rangka meningkatkan pengamanan kawasan hutan di BKPH MDM, pihaknya akan terus tingkatkan kegiatan patroli dan penyuluhan kepada masyarakat, yang nantinya bermuara pada NTB Hijau dan visi NTB Asri Dan Lestari.

“Kita minimalisir perambahan maupun illegal loging dan kita rehabilitasi lahan terbuka atau kritis,” ungkapnya.

Kepada semua pun Ahyar mengajak agar bersama-sama menghijaukan kembali lahan yang sudah sudah rusak. Karena peran ini tidak aparatur pemerintah, tapi juga seluruh elemen masyarakat.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru