oleh

Musrembangdes, Pemdes Nggembe Akan Bangun Pariwisata Desa

-Kabar Bima-23 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Nggembe Kecamatan Bolo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) anggaran tahun 2020, Rabu (5/2) di aula kantor desa setempat.

Kegiatan Musrembangdes Nggembe. Foto: Yadien

Kepala Desa Nggembe Yusuf mengatakan, salah satu program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa setempat menggunakan dana desa tahun 2020 yaitu membangun pariwisata desa.

“Menjadi salah satu program prioritas kami tahun ini yaitu pariwisata desa,” ujarnya.

Pariwisata desa yang dimaksud merupakan pariwisata mangrove yang terletak di perbatasam Dusun Oi Wontu dan Rababuntu desa setempat. Wisata itu nantinya akan dikelola oleh BUMDes dan menjadi cikal bakal pendongkrak PADes desa setempat.

“Karena BUMDes kita sedang bermasalah, nanti akan kami remajakan pengurus nanti,” katanya.

Ia membeberkan, secara garis besar pemerintah desa akan memprogramkan 60 persen pemberdayaan dan 40 persen pembangunan.

“Pemberdayaan lebih besar tahun ini,” bebernya.

Kades menyebutkan, adapun program pembangunan yang akan dikerjakan di antaranya yakni rabat gang RT 01 Dusun 01, drainase RT 08 Dusun 02, pembangunan 2 titik plat deker Dusun Oi Tawoa. Sementara pemberdayaanya yaitu bantuan peternakan, rumah rumah tidak layak huni 19 unit, dan jambanisasi 19 unit.

Yusuf berharap, semoga semua program yang akan dilaksnakan oleh pemerintah desa setempat mendapat dukungan dari semua lapisan, termasuk masyarakat.

“Dukungan dan partisipasi masyarakat sangat penting untuk sukseskan pembangunan desa,” harapnya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru