oleh

Sekda Kota Bima Pantau Pelaksanaan Hari Pertama Tes CPNS

Kota Bima, Kahaba.- Hari pertama pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bima di Aula SMKN 1 Kota Bima, Kamis (6/2) berjalan lancar dan tertib. Pelaksanaan tes tersebut dipantau langsung oleh Sekda Kota Bima H Mukhtar, Asisten III H Syukri, Staf Ahli HM Farid, Kepala BKPSDM Muhammad Saleh dan jajaran panitia.

Sekda Kota Bima Pantau Pelaksanaan Hari Pertama Tes CPNS
Sekda Kota Bima H Mukhtar bersama Asisten III, Staf dan Jajaran BKPSDM saat memantau monitor hasil skor seleksi peserta tes CPNS. Foto: Eric

Kepala BKPSDM Kota Bima Muhammad Saleh mengungkapkan, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan BAKN, waktu pelaksanaan tes dimulai Kamis hingga Rabu (6-12/2) dan terbagi dalam 5 sesi.

Setiap hari ujian dimulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita, dengan jumlah peserta ujian sebanyak 100 orang setiap sesi. Para peserta ujian hanya menggunakan ruangan aula SMKN 1 Kota Bima.

“Untuk sesi pertama pelaksanaan ujian berjalan lancar, belum ada gangguan sistem jaringan internet dan juga pasokan listrik. Hanya saja pada awal tes ini, ada 2 peserta yang tidak ikut ujian,” sebutnya.

Saleh menjelaskan, terkait teknis pelaksanaan ujian pemerintah pusat telah menginstruksi setiap daerah untuk melaksanakannya dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Karena tingkat akurasi pemeriksaan yang baik, serta menggunakan sistem soal secara acak. Sehingga peserta tidak bisa saling bekerjasama.

“Mulai hari pertama sampai akhir nanti, jajaran kami tetap stand by di lokasi ujian,” katanya.

Saleh membeberkan, terkait aturan teknis selama pelaksanaan tes CPNS, tidak ada yang berubah seperti tahun kemarin. Peserta terlebih dahulu diregister menunjukan identitas peserta ujian. Kemudian peralatan elektronik tidak diperkenankan dibawa serta saat ujian, karena sifatnya sangat steril.

Sementara itu Sekda Kota Bima H Mukhtar menambahkan, untuk hari pertama ujian berjalan dengan lancar. Para peserta ujian yang dipantau lewat monitor utama tampak mengerjakan soal dengan tenang.

Dari sisi teknis kelulusan untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD), standar passinggrade harus dipenuhi oleh peserta agar bisa lolos ke tahap berikutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB).

“Standar passing grade yang harus dilalui adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Kepribadian (TKP) 126,” sebutnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru