Walikota Bima Minta OPD Awasi Penjualan Kondom Jelang Hari Kasih Sayang

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima H Muhammad Lutfi mengimbau agar  para generasi muda dan para pelajar untuk tidak latah merayakan hari kasih sayang atau Valentine Day. Budaya ini dinilai tidak sesuai dengan adat istiadat masyarakat Bima yang menjunjung nilai-nilai Islami.

Walikota Bima saat menyampaikan sambutan pada Lokakarya Ketangguhan Kota Terhadap Bencana Banjir. Foto: Dok Hum

Imbauan ini disampaikan dalam rangka mencegah perilaku generasi muda, mahasiswa dan para pelajar Kota Bima terhadap hal-hal yang melanggar nilai-nilai moral dan akhlak yang sering dijumpai dalam perayaan Hari Kasih Sayang yang jatuh pada Tanggal 14 Februari setiap tahun.

Dalam surat dalam Surat Edaran Nomor 007/54/II/2020 tentang imbauan tersebut Walikota Bima meminta kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah dan madrasah di wilayah Kota Bima untuk melarang kegiatan dengan tujuan merayakan Hari Kasih sayang.

Kepada pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah dan madrasah juga diminta untuk membuat surat pemberitahuan kepada seluruh orang tua atau wali murid, agar dapat mengawasi putra-putrinya. Supaya tidak terjebak dan melakukan hal- hal yang melanggar nilai-nilai moral dan akhlak.

Diminta juga untuk memberikan penguatan moral dan yang diintegrasikan dalam bahan kurikulum, agar tidak mudah tergoda dengan perayaan Hari Kasih Sayang. Kemudian memberi pengertian kepada seluruh mahasiswa dan siswa bahwa Kasih Sayang akan lebih berbudi luhur dan bermakna jika peruntukkan bagi orang tua, keluarga, para dosen dan guru, serta orang lain yang berjasa.

Walikota bima juga meminta kepada Ormas Islam se Kota Bima agar senantiasa ikut menjaga ketertiban sosial dengan menegakkan Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar, dengan menjunjung tinggi aturan Hukum yang berlaku dan tetap melakukan koordinasi dengan aparat dan dinas terkait pada setiap aksi yang dilakukan.

Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima, Dinas Kesehatan Kota Bima, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bima untuk mengawasi penjualan alat kontrasepsi (kondom) pada semua apotik dan toko obat di Kota Bima agar selektif dan hati-hati sebagai upaya untuk mencegah perilaku Sex bebas (Free Love dan Free Sex) dikalangan anak muda di wilayah Kota Bima.

Kepada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bima untuk melakukan Razia mulai tanggal 13-15 Februari 2020 seluruh Kos-kosan, di hotel atau penginapan, cafe dan tempat-tempat hiburan lain.

Walikota berpesan hal ini menjadi perhatian bersama dan diminta kepada semua elemen masyarakat Kota Bima untuk dapat mengawasi pelaksanaan perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day demi terwujudnya pendidikan yang berkarakter dan sebagai perisai moral dan ahlak Generasi Muda, Mahasiswa dan Pelajar di Kota Bima.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *