oleh

Dinas Sosial Gelar Lomba 4 PPKS Tingkat Kota Bima

-Kabar Bima-5 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar kegiatan seleksi 4 Pilar Pembangunan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tingkat Kota Bima yang digelar selama 4 hari, mulai Selasa sampai Jumat (11-14/2).

Tim Penilai Lomba 4 Pilar Dinas Sosial Kota Bima saat menilai peserta lomba. Foto: Ist

Lomba yang diikuti 15 peserta tersebut berasal dari keterwakilan Karang Taruna (KT), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Lembaga Kesehjahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK).

Kepala Dinsos Kota Bima H Muhidin menyampaikan, jumlah peserta sebanyak 15 orang, terdiri dari kategori karang taruna sebanyak 3 orang, PSM sebanyak 3 orang, LKSA sebanyak 4 orang dan TKSK sebanyak 5 orang.

“Seluruh peserta ini akan dinilai dari 6 aspek yang telah ditentukan dewan juri, seperti presentasi, administrasi, sarana kantor, kelembagaan, kemitraan dan Usaha Kesehjahteraan Sosial (UKS),” ujarnya, Jumat (14/2).

Muhidin menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial. Kemudian menumbuhkan peran serta individu dan kelompok untuk ikut membantu mengatasi tingkat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Fungsi utama 4 pilar pembangunan adalah untuk membantu meningkatkan kesehjahteraan sosial disetiap kecamatan,” katanya.

Ia menjelaskan, karena lomba ini terus digelar setiap tahun, dirinya berharap kepada semua 4 pilar tersebut bisa terus berperan dalam pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan di daerah.

Karena 4 pilar pembangunan merupakan motivator yang membantu pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai pelayan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat setempat.

Muhidin menambahkan, untuk pengumuman bagi pemenang lomba ini, pihak panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah dan piagam, sebagai motivasi dalam meningkatkan kinerja.

“Bagi yang berhasil keluar sebagai juara, maka secara otomatis mewakili Kota Bima dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB yang direncanakan di gelar 2 bulan mendatang,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru