Kabar Bima

Tahun 2020, DKP Luncurkan Program Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan

227
×

Tahun 2020, DKP Luncurkan Program Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tahun 2020 Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima telah mengagendakan beberapa program peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana, serta pembangunan dermaga di wilayah pesisir utara.

Tahun 2020, DKP Luncurkan Program Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan - Kabar Harian Bima
Kabid Perikanan Tangkap DKP Kota Bima Jamaludin. Foto: Eric

Kabid Perikanan Tangkap DKP Kota Bima Jamaludin menyampaikan, beberapa program tersebut adalah pengadaan sarana dan prasarana pendukung perikanan tangkap. Berupa pembangunan kapal dibawah 3 Gros Ton (GT) sebanyak 12 unit, kemudian ditambah pembangunan kapal 3 sampai 4 gros ton (gt) sebanyak 2 unit, yang bersumber dari DAK tahun 2020 senilai Rp 1,4 miliar.

Tahun 2020, DKP Luncurkan Program Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan - Kabar Harian Bima

“Inshaa Allah tahun ini bisa direalisasikan, untuk membantu nelayan memudahkan pekerjaan,” ujarnya, Senin (17/2).

Jamaludin menuturkan, selain peningkatan infrastruktur tersebut pemerintah daerah juga mendapat program pembangunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berupa pembangunan Dermaga Apung di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota.

“Semoga dengan adanya pembangunan dermaga apung ini akan memudahkan aktifitas perdagangan,” harapnya.

Selain itu pihaknya juga di tahun ini juga akan melaksanakan kegiatan revitalisasi dan rehabilitasi sumber daya ikan, berupa penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut.

“Selain itu juga kami akan memberikan kartu asuransi bagi 250 nelayan di Kota Bima dengan nilai premi Rp 175 ribu untuk setiap nelayan,” sebutnya.

*Kahaba-04