Kabar Bima

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kolo

308
×

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kolo

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kapal tangkap ikan jala milik Irwan (26) asal Desa Rompo Kecamatan Langgudu tenggelam di perairan Kolo, Senin (17/2) sekitar pukul 13.00 Wita. Beruntung pemilik kapal serta 8 anak buah kapal selamat atas insiden tersebut.

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kolo - Kabar Harian Bima
Warga saat berusaha menyelamatkan korban kapal tenggelam di perairan Kolo. Foto: Ist

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono melalui Kasubbag Humas AKP Hasnun menyampaikan, kapal tersebut tenggelam bukan karena gelombang besar, tapi akibat muatan terlalu berat dan tidak sesuai dengan kondisi kapal yang berukuran kecil.

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kolo - Kabar Harian Bima

Ia menyebutkan, anak buah kapal yang ikut dalam kapal tersebut adalah Anton (23), Wawan (15) asal Desa Rompo, Dimas (19), Rizal (18), Arjun (13), Fina (20) dan Bek (40) asal Kecamatan Soromandi. Beruntung semua anak buah kapal tersebut selamat.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya kerugian materi,” ujarnya, Selasa (18/2).

Hasnun mengimbau agar para nelayan tidak memaksakan diri untuk menggunakan kapal dengan melebihi batas minimal muatan, karena akan berakibat fatal. Tenggelamnya kapal bukan saja terjadi akibat cuaca yang buruk, namun juga terjadi akibat kelebihan muatan.

“Perhatikan berat muatan saat berlayar ataupun sedang mencari ikan di lautan, agar terhindar dari kecelakaan di laut,” imbaunya

*Kahaba-05