Kabar Bima

Blangko Cukup, Dinas Dukcapil Kota BIma Segera Cetak E-KTP

688
×

Blangko Cukup, Dinas Dukcapil Kota BIma Segera Cetak E-KTP

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima baru-baru ini menerima kunjungan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh, dalam rangkaian lawatannya di Provinsi NTB.

Blangko Cukup, Dinas Dukcapil Kota BIma Segera Cetak E-KTP - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima Hj Mariamah. Foto: Bin

Dalam kunjungannya tersebut, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh turut disambut Wakil Bupati Bima Dahlan M Noer, Sekda Kota Bima H Mukhtar, Kadis Dukcapil Kabupaten Bima Salahuddin, Kadis Dukcapil Kota Bima Hj Mariamah dan Kadis Dukcapil Kabupaten Dompu Ratnasari serta jajaran.

Blangko Cukup, Dinas Dukcapil Kota BIma Segera Cetak E-KTP - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima Hj Mariamah menyampaikan, saat berkunjung pada 3 daerah tersebut Dirjen Dukcapil menyampaikan bahwa petugas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) jangan sekali-kali menarik biaya dari masyarakat.

“Beliau menegaskan, bila pelayanan Adminduk ditemukan memungut biaya atas jasa layanan pembuatan dokumen kependudukan, maka masyarakat diminta segera melapor ke pemerintah daerah setempat agar petugas bersangkutan bisa segera ditindak tegas,” ujarnya, Rabu (19/2).

Mariamah menegaskan, instruksi tersebut menginginkan seluruh pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil (Disdukcapil) mulai dari pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), maupun KTP elektronik tidak dipungut biaya sepeser atau gratis.

“Keputusan menggratiskan seluruh biaya pengurusan administrasi kependudukan, merupakan kebijakan pemerintah pusat. Jadi sampai di tingkat bawah keputusan tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Ia menambahkan, Kemendagri telah menyediakan blangko KTP-el sebanyak 16 juta keping. Dari jumlah itu sudah terdistribusi ke daerah sekitar 3,3 juta keping, dan terpakai untuk mencetak KTP-el sebanyak 1,9 juta keping.

“Saat ini di daerah sedang proses cetak KTP-el, dari 3,3 juta keping sudah terpakai yaitu 1,9 juta. Kemudian masih ada 1,4 juta keping stok di daerah siap digunakan, jadi Disdukcapil di daerah tidak perlu menerbitkan Suket baru,” tambahnya.

Dengan kehadiran Dirjen tersebut, Mariamah juga mengingatkan jajarannya agar terus proaktif dalam bekerja. Termasuk melakukan jemput bola di mana pun wilayah yang belum tersentuh pelayanan.

*Kahaba-04