Kabar Bima

Bawaslu Lekatkan Pengawasan Pengecekan Berkas Dukungan Perseorangan

228
×

Bawaslu Lekatkan Pengawasan Pengecekan Berkas Dukungan Perseorangan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima tengah melakukan pemeriksaan terhadap berkas dukungan bakal calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bima. Bawaslu Kabupaten Bima melakukan pengawasan melekat terhadap proses pengecekan berkas tersebut.

Bawaslu Lekatkan Pengawasan Pengecekan Berkas Dukungan Perseorangan - Kabar Harian Bima
Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Taufikurahman. Foto: Ist

Koordinator Divisi Hukum, Humas Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman mengatakan, sebagaimana hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Bima, Bakal Pasangan Calon Perseorangan Ruslan H.Ismail dan Syarimin Puasa menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kabupaten Bima pada tanggal 23 Pebruari 2020.

Bawaslu Lekatkan Pengawasan Pengecekan Berkas Dukungan Perseorangan - Kabar Harian Bima

“Sebenarnya Bapaslon Ruslan-Syarimin ini sudah menyerahkan berkas pada tanggal 19 Pebruari. Namun karena belum lengkap KPU mengembalikan berkas dimaksud. Dukungan itu kembali diserahkan oleh Bapaslon ini di injury time. Sesuai catatan kami, Bapaslon dan tim menyerahkan berkas itu pada pukul 20.22 Wita Tanggal 23 Pebruari. Artinya, penyerahan berkas dukungan tidak melanggar dan sesuai ketentuan batas waktu,” jelas Opik, sapaan akrabnya, Selasa (25/2).

Dijelaskannya, jumlah dukungan yang termuat dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU untuk Bapaslon Ruslan-Syarimin, sebanyak 36.028 dukungan yang tersebar di 18 kecamatan. Dari jumlah tersebut, sudah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2017 yang menyebutkan syarat minimal untuk Kabuoaten Bima sebanyak 31.093 dukungan.

“Secara jumlah sudah terpenuhi syaratnya,” katanya.

Sementara dokumen yang dilakukan pengecekan oleh KPU yakni Formulir B.1-KWK (surat pernyataan dukungan), Formulir B.1.1-KWK (Surat pernyataan daftar nama pendukung) dan formulir B.2-KWK (rekapitulasi jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan).

“Dari proses pengawasan langsung yang kami lakukan, ada beberapa ketidaksesuaian yang kami temukan,” tandas Opik.

*Kahaba-01