oleh

Karya Wisata, Peserta Didik TK AL Mahasin Sambangi Damkar dan BPBD

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memperkenalkan lebih dalam tentang tugas dan fungsi Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, puluhan peserta didik TK Al Mahasin melakukan karya wisata pada 2 instansi tersebut.

Foto bersama jajaran Damkar Kota Bima dengan peserta didik TK AL Mahasin. Foto: Eric

Kehadiran peserta didik yang penuh keceriaan tersebut diterima langsung oleh Kabid Pemadam Kebakaran Sugiarto dan Kasi Pencegahan Kebakaran Adilansyah, didampingi Kepala TK Al Mahasi Ati Januarti bersama jajaran guru dan walimurid di kantor Damkar Kota Bima Rabu (26/2).

Kepala TK Al Mahasin Ati Januarti menyampaikan, kegiatan karya wisata itu merupakan bagian dari sub tema pelajaran yang telah diajarkan di kelas. Hanya saja, untuk mengenalkan lebih jauh peserta didik dibawa terjun ke lapangan, untuk mengetahui dan melihat langsung.

“Pelajaran di sekolah kami terdapat beberapa materi pelajaran, di antaranya selain sub tema tentang pekerjaan. Ada juga tentang tema rekreasi dan juga alam semesta. Sehingga hari ini kami ajak dulu untuk lebih mengenal tentang pekerjaan petugas pemadam kebakaran dan juga tim penanggulangan bencana,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dipilihnya pemadam kebakaran dan BPBD sebagai tempat karya wisata, karena hampir seluruh anak senang dan justeru memiliki cita-cita menjadi petugas damkar dan juga tim penanggulangan bencana.

Dari cita-cita tersebut menandakan betapa cintanya peserta didik tersebut terhadap 2 tugas penting itu dan ingin menjadi bagian untuk menolong dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ati menuturkan, selama berkarya wisata pada 2 instansi tersebut. Seluruh peserta didik akan mendapatkan materi sederhana dari regu damkar tentang prosedur kerja, mulai dari pelaporan kebakaran, pengenalan peralatan pemadam kebakaran, praktek tata cara menyemprotkan air, hingga keliling sekitar halaman kantor dengan menggunakan mobil pemadam.

“Setelah mengunjungi tim pemadam kebakaran, kami bersama peserta didik kembali mengunjungi kantor BPBD. Di sana banyak belajar juga, tentang tugas tim penanggulangan bencana,” tandasnya.

Sementara itu Kabid Pemadam Kebakaran Sugiarto menyampaikan terimakasih dan bangga atas kehadiran para generasi bangsa tersebut.

“Semoga dengan mengetahui tugas damkar, sejak dini anak- anak ini sudah mengenal dengan baik cara kerja tim kami. Mulai dari penerimaan laporan, reaksi cepat menuju lokasi kebakaran, memadamkan api sekaligus upaya menyelamatkan diri para korban dari bahaya kebakaran,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru