oleh

Bappeda Gelar Lomba Inovasi TTG, 40 Peserta Ambil Bagian

-Kabar Bima-5 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Bima mengadakan lomba inovasi Tekhnologi Tepat Guna (TTG) dengan tema “Masyarakat Mandiri Kota Bima Maju”.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima H Fakhrunrazi. Foto: Eric

Lomba yang direncanakan selama dua hari tersebut, dimulai Kamis sampai jumat (27-28/2) dan diikuti peserta dari perwakilan OPD, mahasiswa, dosen dan umum, serta pelajar SMP dan SMA yang Ada di Kota Bima.

Kepala Bappeda Litbang Muhammad Fakhrunraji menjelaskan lomba ini untuk merangsang perkembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diharapkan dapat membantu kemandirian masyarakat, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan manusia yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

Disebutkannya, lomba ini diikuti oleh 40 peserta dengan 3 kategori yaitu Kategori OPD, kategori SMA sederajat , kategori Mahasiswa, Dosen, Umum.

“Dalam lomba ini peserta mempresentasikan 44 inovasi yang terdiri dari 18 inovasi dari OPD, 18 inovasi dari Mahasiswa, dosen dan umum serta 8 inovasi dari SMA sederajat,” ujarnya Jumat (28/2).

Fakhrunrazi menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk menjaring inovasi inovasi yang ada, baik pada tingkat masyarakat secara umum maupun yang ada di setiap perangkat daerah. Sehingga dapat menumbuh kembangkan kreativitas, mulai dari pelajar, mahasiswa serta dosen sampai masyarakat pada umumnya yang memiliki keahlian untuk menghasilkan sesuatu.

“Melalui lomba inilah ide kreatif serta inovasi maupun gagasan, bisa dikompetisikan. Sehingga meraka bisa mengaktualisasikan apa yang mereka miliki agar bisa bermanfaat,” katanya.

Fakhrunrazi menambahkan, ketika inovasi yang dilombakan bisa bermanfaat, maka akan direkomendasikan untuk diadopsi oleh pemerintah daerah. Bagi pemenang ke depan, maka akan mewakili daerah untuk mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB kedepan.

“Mengenai hasil akhir dan siapa pemenangnya, akan diumumkan nanti. Sedangkan lomba TTG tingkat NTB direncanakan pada bulan April mendatang,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru