Kabar Bima

Ini Para Pemenang Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020

308
×

Ini Para Pemenang Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Lomba Inovasi Dan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Bima Tahun 2020 telah berlangsung dan tim penilai telah menetapkan para pemenang untuk masing-masing kategori. Keputusan ini ditetapkan melalui Berita Acara Hasil Penilaian Nomor: 050/73/Bappeda Litbang/III/2020.

Ini Para Pemenang Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020 - Kabar Harian Bima
Suasana penilaian Ini Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020. Foto: Ist

Disunting dari halaman media sosial PPID Pembantu – Bappeda Litbang Kota Bima, adapun para pemenang untuk kategori mahasiswa, dosen dan umum yakni, pertama Agrippina wiraningtyas dengan nama inovasi/TTG “Tas Belanja Bercode Ramah Lingkungan” sebagai juara I, meraih nilai 86,04. Kedua, Tim Nur Nazmi, Syahru Ramadan dan Nikman Azmin dengan nama inovasi/TTG “Mesin Penghancur Sampah Organik” sebagai juara II, meraih nilai 83,56. Ketiga, Aris Munandar dengan nama inovasi/TTG “Sahabat dan Mitra UMKM” sebagai juara III meraih nilai 76,37.

Ini Para Pemenang Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020 - Kabar Harian Bima

Kemudian keempat, Ahmad Tsaoqi dengan nama inovasi/TTG “Sistim Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Madia Sosial (Sipengmas)” sebagai juara IV meraih nilai 75,17. Kelima Tim Firdaus, Amrim dan Suci Haernianti, dengan nama inovasi/TTG “Prototipe Alarm Pendeteksi Banjir” sebagai juara V, meraih nilai 75,07.

Lalu para pemenang untuk Kategori Siswa SMA/SMK Sederajad pertama Tim Abhi Krisna dan Devi Adelia, dengan nama inovasi/TTG “Alat Bor Duduk” sebagai juara I, meraih nilai 80,88.
kedua Tim Nurul Insani dan Layli Nurramdani, dengan nama inovasi/TTG “Kancip Almond/Mete” sebagai juara II, meraih nilai 80,83. Ketiga Tim Nurapriliani Lailatul dan Moh. Aditya Ramadhan, dengan nama inovasi/TTG “Oven Tenaga Surya” sebagai juara III, meraih nilai 76,63.

Keempat Tim Ahmad Khairuzaini dan Rozali Jauhari Alfanani, dengan nama inovasi/TTG “Teknologi Penghasil Listrik, Bahan bakar dan Bahan Pembuatan Paving Block Berbasis Sampah Kota Bima” sebagai juara IV, meraih nilai 63,01.

Para pemenang untuk Kategori Perangkat Daerah, yakni pertama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dengan nama inovasi/TTG “Aplikasi SIMPERS” sebagai juara I, meraih nilai 84,36. Kedua Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan nama inovasi/TTG “Penerapan teknologi Informasi Geospasial Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam rangka Deteksi Dini Kebocoran Jaringan Distribusi Air Minum di Kota Bima” sebagai juara II, meraih nilai 83,51. Ketiga Dinas Kesehatan, dengan nama inovasi/TTG “Bengkel Alkes” sebagai juara III, meraih nilai 82,35.

Keempat, Bappeda Litbang dengan nama inovasi/TTG “Perencanaan dan pengendalian Persediaan Farmasi (farmasi Cermat)” sebagai juara IV, meraih nilai 80,76. Kelima, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan nama inovasi/TTG “Wardawata (Wara Bidan Wara Akta)” sebagai juara V, meraih nilai 77,61.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima H Fakrunrazi menjelaskan, ada 2 aspek utama penilaian yaitu pertama, Inovasi Alat TTG dengan indikator penilaian mencakup: kreasi, kebaharuan, meningkatkan produktifitas, relevansi, ekonomis, mudah dibuat, dan mudah dioperasikan.

Kedua, aspek presentasi peserta, dengan indikator penilaian mencakup: pengusaan materi, kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan mendemostrasikan alat, teknik penyajian, ketepatan waktu penyajian, dan kesopanan.

“Para pemenang akan mendapakan hadiah berupa piagam, piala dan uang tunai yang akan diserahkan oleh Walikota/Wakil Walikota pada kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Bima Tahun 2021 yang diagendakan pada tanggal 23 Maret 2020,” katanya, Sabtu (14/3).

Dia juga menyatakan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020, dimana jumlahnya mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat Kota Bima sesungguhnya memiliki potensi besar dalam hal inovasi,” katanya.

Ia berharap tahun depan kegiatan ini mendapatkan atensi yang semakin besar dari masyarakat umum, pelajar maupun aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bima.

*Kahaba-01