Panwascam Mulai Lantik Pengawas Kelurahan dan Desa 

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pengawas Keluarahan dan Desa (PKD) di 5 kecamatan yakni Kecamatan Parado, Langgudu, Lambitu, Belo dan Palibelo dilantik, Senin (16/3). Sesuai yang dijadwalkan, PKD akan dilantik selama 4 hari, mulai hari ini, Senin (16/3) sampai Kamis (19/3) mendatang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin. Foto: Yadien

“Hari ini jadwal 5 kecamatan dulu, besok juga begitu,” ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, Senin (16/3).

Kata dia, pelantikan dimasing-masing kecamatan tersebut dihadiri 1 komisioner Bawaslu Kabupaten. Setelah dilantik, PKD diberikan bimbingan teknis tentang tugas dan fungsinya sebagai pengawas di tingkat desa.

“Tadi sudah lansgung kami berikan bimbingan teknis agar mereka paham cara kerja di lapangan,” katanya.

Sesuai jadwal, pada hari Selasa (17/3) besok PKD di 5 kecamatan juga akan dilantik. Yakni Kecamatan Woha, Monta, Sape, Wawo, dan Lambu. Sementara pada hari Rabu (18/3) dilakukan pelantikan pada 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Bolo dan Madapanga, Wera, Ambalawi, Soromandi dan Donggo.

“Pada hari terakhir yakni Kamis (19/3) akan dilantik PKD Kecamatan Sanggar dan Tambora,” bebernya.

Ia menjelaskan, tugas PKD adalah mengawasi semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020. Hal lain yang juga harus mereka awasi adalah mengenai calon perseorangan.

“Pengawasan melekat yang akan mereka lakukan nanti adalah pada saat verifikasi faktual syarat dukungan perseorangan yang dilakukan KPU,” jelas dia.

Junaidin berharap, semoga PKD yang dilantik bisa bekerja profesional dan sigap tanpa terpengaruh oleh apapun.

“Semoga mereka bisa bekerja profesional, menjaga integritas dan nama lembaga,” harapnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *