Kabar Bima

DKP Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

251
×

DKP Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memperkaya khasanah hasil olahan berbahan dasar ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menggelar kegiatan pelatihan pengolahan hasil Perikanan, di aula kantor DKP, Senin sampai Selasa (16-17/3). Kegiatan itu diikuti 60 peserta pelatihan.

DKP Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan - Kabar Harian Bima
Kegiatan pelatihan pengolahan ikan yang digelar DKP Kota Bima. Foto: Eric

Ketua pantia kegiatan yang juga Sekretaris DKP H Juwaid dalam laporan menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan yang setiap tahun digelar.

DKP Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan - Kabar Harian Bima

“Pelatihan ini untuk memperkaya keragaman olahan yang berbahan dasar ikan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala DKP Kota Bima Hj Siti Zaenab mengungkapkan, agenda yang dilaksanakan tersebut mengangkat tema “18 tahun Kota Bima Berkarya, Mari Wujudkan Keragaman Olahan yang Mendukung Tumbuh Kembangnya Wirausaha Baru”.

“Pelatihan inipula merupakan bagian dari visi dan misi bapak Walikota dan Wakil Walikota Bima, yaitu menciptakan 10 ribu wirausaha baru,” katanya.

Zaenab menuturkan, selama pelatihan peserta akan mendapatkan materi tentang tata cara mengolah hasil olahan ikan. Juga akan mendapatkan pelatihan praktek secara langsung dari narasumber.

Usai pelatihan dan praktek, selanjutnya akan diisi dengan diskusi dan evaluasi hasil kerja para peserta. Sehingga bisa diketahui sejauh mana kemampuan peserta dalam menangkap materi pelatihan.

Mantan Kepala Bappeda berharap, semoga pelatihan ini bisa sukses, bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada seluruh peserta. Sehingga ke depan dapat menciptakan kewirausahaan baru, dalam pengolahan hasil perikanan.

Dengan begitu pula, para peserta nanti dapat membuka usaha baru di lingkungan masing-masing, sekaligus bisa meningkatkan daya konsumsi ikan yang tinggi protein untuk meningkatkan kecerdasan, serta mencegah stunting dan menjadikan tubuh kuat dan sehat.

“Selain inten memberikan pelatihan dan pembinaan, para peserta juga akan diberikan bantuan untuk menunjang usaha yang dilakukan,” tambahnya.

*Kahaba-04