PKD Kecamatan Bolo Dilantik, Ketua Bawaslu: Jangan Asal-Asalan Bertugas

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 14 orang Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di Kecamatan Bolo dilantik oleh Panwascam setempat, Rabu (18/3) di aula Kantor Camat Bolo.

PKD Kecamatan Bolo saat dilantik. Foto: Yadien

Ketua Panwascam Bolo Abdul Malik mengatakan, 14 PKD yang baru saja dilantik akan bertugas mengawasi kegiatan dan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 di 14 desa yang ada di kecamatan setempat.

“Mereka nanti akan menjadi ujung tombak pengawasan di tingkat desa,” katanya.

Usai dilantik, 14 PKD itu langsung diberikan Bimbingan Tehnis (Bimtek) oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah tentang tugas dan kewajiban serta kewenangan PKD saat bertugas di lapangan.

“Mereka diberikan pemahaman awal agar paham saat bertugas nanti,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah menyampaikan, setiap PKD yang sudah dilantik, harus memahami tugas, fungsi maupun kewenanganya. Sehingga dalam bertugas paham koridor-koridor yang mesti diperhatikan.

“Agar nanti tidak asal-asal saja saat bertugas,” tegasnya.

Ada banyak tugas dan kewenangan PKD. Namun juga yang tidak kalah penting adalah setiap PKD harus bekerja dengan baik dengan menjaga integritas dan nama baik Bawaslu.

“Jangan asal bicara di publik. Perhatikan dulu aturan dan undang-undang, serta batas kewenangan,” tegasnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *