oleh

Darurat Sampah, DLH Minta Masyarakat Bantu Pemerintah Kelolah Sampah

-Kabar Bima-8 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima H Alwi Yasin menilai Kota Bima saat ini darurat sampah. Untuk itu, masyarakat diminta berpartisipasi dan tidak menutup mata agar membantu pemerintah menangani sampah

Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin. Foto: Bin

Ia pun meminta agar masyarakat pintar mengelolah sampah, memilah sampah yang dari dedaunan dan sampah yang bukan dari dedaunan. Jangan membiasakan mencampur sampah dari dedaunan dengan sampah Anorganik.

Sebab sampah organik seperti dedaunan dan sisa makanan dapat menimbulkan bau busuk yang dapat menggangu kesehatan masyarakat.

“Tangani sampah Jangan menitikberatkan semua pada pemerintah, tanpa ada kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik,” ujarnya, Senin (23/3).

Kadis juga mengimbau para pengguna bahu jalan seperti pedagang kaki lima, agar membungkus sampah agar tidak berceceran. Karena kondisi sekarang Kota Bima dimana-mana ada sampah, bersih di tengah kota namun di pinggir sungai dan gunung orang sembarangan membuang sampah.

“Biasakan membungkus sampah dan menyimpan di pinggir jalan yang biasa dilewati mobil sampah, jangan membuang sampah di sungai dabln di pinggir gunung,” imbaunya

Alwi juga menyampaikan jika DLH sudah memilki program “Bersatu” untuk sosialisasi penanganan sampah. Sosialisasi itupun akan dilaksanakan ditiap kecamatan. Hanya saja saat ini belum bisa dilaksanakan, karena masalah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

“Jika tidak terhambat dengan isu Covid-19, kami sudah melaksanakan sosialisasi tiap kecamatan mengenai pengolahan sampah lewat program bersatu,” ungkapnya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru