Kabar Bima

Jamaah Tabligh Malam ini Tiba di Pelabuhan Bima, 1 Suspect Covid-19

472
×

Jamaah Tabligh Malam ini Tiba di Pelabuhan Bima, 1 Suspect Covid-19

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tim Gugus Tugas Pencegahan Corona Virus Kota Bima bersama dengan KKP Pelabuhan Bima malam ini Kamis (26/3) tengah mempersiapkan penjemputan ratusan Jamaah Tabligh yang datang dari Makassar, menggunakan KM Binaiyah.

Jamaah Tabligh Malam ini Tiba di Pelabuhan Bima, 1 Suspect Covid-19 - Kabar Harian Bima
Kepala Dikes Kota BimaH Azhari saat memberikan keterangan soal penjemputan Jamaah Tabligh di Pelabuhan Bima. Foto: Bin

Kepala Dikes Kota Bima yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas H Azhari mengungkapkan, ada 604 seluruh penumpang yang ada di dalam kapal yang tiba  di Pelabuhan Bima malam ini sekitar pukul 23.30 Wita. Sementara Jamaah Tabligh sebanyak 178. Jumlah itu terbagi pada 4 daerah, masing-masing dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Sumbawa.

Jamaah Tabligh Malam ini Tiba di Pelabuhan Bima, 1 Suspect Covid-19 - Kabar Harian Bima

“Di dalam kapal ada seorang penumpang yang suspect Virus Corona dan 1 orang panas karena penyakit malaria. Jumlah ini terkonfirmasi karena laporan dari KKP Labuhan Bajo dan KKP Pelabuhan Bima. Karena tadi kapal tersebut mampir di Labuan Bajo dan dilakukan pemeriksaan,” ungkap Azhari.

Ia menyebutkan, 1 orang yang suspect merupakan warga Kabupaten Dompu. Saat ini sudah diisolasi di ruangan khusus dalam kapal. Sementara 1 orang lain yang malaria, warga Kabupaten Bima dan masih tidur di dek kapal.

“Perawatan untuk yang suspect nanti saat tiba di pelabuhan, akan segera dilarikan ke RSUD Bima untuk diisolasi,” katanya.

Disinggung mengenai SOP pemeriksaan penumpang kapal nanti saat kapal bersandar di Pelabuhan Bima, Azhari mengungkapkan ada 3 orang dokter dan 8 petugas yang akan menjalankan tugas pemeriksaan di atas kapal. Kemudian diturunkan melalui 2 pintu yang sudah ditetapkan.

“Untuk yang dinyatakan tidak terpapar Covid-19, akan dipulangkan ke rumah masing-masing, untuk dilakukan isolasi mandiri,” pungkasnya.

*Kahaba-01