Kabar Bima

DPPPA Kota Bima Keliling Sosialisasi Bahaya Virus Corona

252
×

DPPPA Kota Bima Keliling Sosialisasi Bahaya Virus Corona

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan Virus Corona, jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima melakukan sosialisasi dengan menginformasikan Surat Edaran Walikota Bima.

DPPPA Kota Bima Keliling Sosialisasi Bahaya Virus Corona - Kabar Harian Bima
Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad bersama Sekretaris Siti Fatimah saat sosialisasi bahaya Virus Corona di Kelurahan Rabadompu Barat. Foto: Ist

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad menyampaikan, sosialisasi penting disampaikan untuk penanganan penyebaran Covid-19 di berbagai wilayah. Agar masyarakat secara luas, tahu apa itu Virus Corona dan tata cara mengantisipasi tidak terjangkit.

DPPPA Kota Bima Keliling Sosialisasi Bahaya Virus Corona - Kabar Harian Bima

“Hari ini kita menyisir beberapa wilayah, mulai dari Kelurahan Rabadompu Barat, Rabadompu Timur, Kodo, Lampe dan Kumbe. Sedangkan wilayah lain, akan menyusul untuk disosialisasikan,” ujarnya, Jumat (27/3).

Ahmad menuturkan, imbauan yang disampaikan berupa informasi untuk menjaga kondisi kesehatan, yaitu dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian mencuci tangan pakai sabun serta konsumsi makanan yang berimbang, aktifitas fisik dan istarahat cukup.

“Diutamakan juga untuk menggunakan masker setiap aktivitas, terutama di luar rumah. Lalu menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut setelah kontak dengan suspect atau penderita,” paparnya.

Mantan Kepala DPMPT-SP itu mengungkapkan, informasi lainnya juga disampaikan yakni meminta masyarakat agar segera ke fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas (PKM) dan Rumah sakit terdekat, apabila mengalami berbagai gejala. Seperti batuk, demam serta gangguan pernapasan.

Bila ada gejala seperti ini, diminta kepada warga yang mengalami gejala atau pihak keluarga. Untuk segera membawa untuk diperiksa, karena dengan penanganan cepat dan tepat. Maka kita bisa mendeteksi cepat, penyakit yang diderita.

Ahmad menambahkan, untuk menangani virus tersebut dirinya meminta semua pihak terutama lurah dan camat, untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bima terkait masyarakat yang mengalami berbagai gejala seperti sesak napas dan demam.

“Segera laporkan pada instansi terkait, sehingga bisa ditangani dengan cepat,” imbaunya.

*Kahaba-04