Ketua STIE Bima Pimpin Rapat Online Bahas Pelaksanaan Tridarma PT

Kota Bima, Kahaba.- Akibat darurat Virus Corona, sistem pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi (PT) berubah total. Jika sebelumnya lebih banyak kegiatan tatap muka, namun seiring kebijakan pemerintah pusat, kegiatan tatap muka ditiadakan dan diganti serba Online.

Rapat online yang digelar jajaran STIE Bima. Foto: Ist

Melaksanakan kebijakan itu, Ketua STIE Bima Firdaus langsung mengambil kebijakan cepat. Mulai dari pelaksanaan kuliah, penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan secara online.

“Sejak dikeluarkan kebijakan oleh pemerintah pusat terkait pelaksanaan PT, kami langsung mengantisipasi,” ujarnya, Rabu (1/4).

Bagaimapun kata dia, dengan kondisi darurat Covid-19 ini tidak boleh menjadi penghambat pelaksanaan tridarma PT.

“Kita tetap waspada, namun jangan sampai karena pandemi global ini kita kehilangan hak dan melaksanakan kewajiban. Kondisinya sama saja sebenarnya, hanya saja caranya saja yang dimodivikasi. Jika biasanya kita tatap muka, ya sekarang kita telat teknologi,” jelas pria yang menyandang gelar Magister Manajemen ini.

Untuk memastikan kesiapan semua pihak yang dipimpinnya, mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini melakukan rapat koordinasi secara online. Semua peserta rapat terdiri dari dosen dan karyawan STIE Bima terhubung dalam satu aplikasi yang ada di dalam android.

“Suasananya sama seperti biasa, hanya saja masing-masing peserta rapat berada pada rumah masing-masing,” katanya.

Beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut kata pria yang baru merayakan ulang tahun pada 1 April lalu ini, terkait dengan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dua pekan sebelumnya. Dosen diminta untuk memberikan masukan dan kesan selama pembelajaran online berlangsung.

Ketua STIE Bima Firdaus. Foto: Bin

“Sementara ini, pengajaran berjalan lancar. Respon mahasiswa sudah bagus. Tinggal kami sederhanakan lagi supaya semuanya tetap terkendali dan dalam pengawasan seperti biasanya,” tegas Firdaus.

Sementara untuk penelitian kata pria yang akrab disapa Fedo ini, tetap berjalan sedia kala. Konsultasi tetap berjalan secara online. Begitupun dengan seminar atau ujian nantinya, mahasiswa tetap melakukan sesuai dengan prosedur khusus.

“Nanti kami akan siapkan ruangan khusus, selanjutnya akan dipasang kamera yang akan terhubung dengan dosen penguji. Sehingga interaktifnya tetap jalan seperti biasa,” bebernya.

Begitupun dengan kegiatan Tridarma Pengabdian Masyarakat, tetap juga jalan. Lebih-lebih beberapa waktu lalu STIE Bima baru menandatangani MoU dengan Pihak KANWIL DJP NUSRA, sehingga pada rapat tersebut juga membahas teknis pelaksanaannya. Kegiatan pengabdian tetap jalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Intinya, semua agenda yang sudah kami susun, Insya Allah berjalan sesuai dengan harapan. Karena secara teknis kami sudah siap walaupun tidak semaksimal kampus-kampus maju lainnya. Tapi akan kami lakukan secara maksimal,” pungkas Fedo.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *