oleh

Karena Virus Corona, 50 Pekerja Migran Dari Bima Dipulangkan

-Kabar Bima-21 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menjaga agar Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMPI) di penampungan tidak terinfeksi Virus Corona, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan instruksi agar para pekerja migran dipulangkan di daerah asal.

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima Irfan HM Noor. Foto: Ist

Kabid Penempatan Perlindungan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima Irfan H M Noor menyampaikan, jumlah CPMI asal Kabupaten Bima yang sudah dipulangkan hingga kini mencapai 50 orang.

12 orang dari penampungan PT Amal Ikhwan dan 38 orang dari PT CPI. Semuanya sudah tiba di Bima dan dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bima.

“Karena pemulangan para CPMI ini instruksi dari negara dan bukan atas keinginan para calon TKI, maka kami minta PT tidak memungut biaya kepulangan para CPMI,” tegasnya, Senin (6/4).

Kata Irfan, para calon TKI yang sudah dipulangkan tersebut adalah CPMI yang masih berada di penampungan sekitar 2 bulan. Mereka rencananya ditempatkan di daratan Tiongkok seperti Taiwan dan Hongkong serta di negara Malaysia.

Karena dunia sedang darurat Covid-19, Pemda meminta pada Perusahan Penempatan Pekerjaan Migran Indonesia (P3MI) yang sudah melakukan perekrutan di wilayah Kabupaten Bima, segera memulangkan semua CPMI yang ada di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) dipulangkan.

“Untuk biaya pemulangan pun harus ditanggung oleh PT yang bersangkutan,” katanya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru