51 Desa Cairkan Dana Desa Tahap Pertama

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 51 desa di Kabupaten Bima telah mencairkan Dana Desa Tahap pertama tahun 2020. 51 desa itu merupakan desa yang telah memenuhi syarat pencairan dana desa yakni menyelesaikan DKPDes dan APBDes.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajuddin. Foto: Yadien

Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajuddin mengatakan, syarat utama pencairan dana desa tahap pertama yaitu, desa harus menyelesaikan RKPDes dan APBDes. Artinya, yang belum cair berarti belum menyelesaikan RKPDes dan APBDes.

Kata dia, ini harus menjadi perhatian seluruh desa lain yang belum bisa mencairkan dana desa tahap pertama. Sehingga disiplin dan bisa segera merampungkan 2 hal dimaksud.

Tajudin menjelaskan, ada perubahan regulasi untuk pencairan dana desa tahun 2020. Pada tahun 2019, pencairan pertama 30 persen, tahap kedua 30 persen dan tahap ketiga 40 persen. Sementara tahun 2020, tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen.

“Laporan realisasi RKPDes dan APBDes tahun sebelumnya juga harus masuk sebelum bulan Juni. Kalau tidak, maka dana desa untuk desa itu terancam dikembalikan ke pusat,” jelasnya, Senin (6/4).

Sementara untuk pembahasan dana desa untuk penanganan  Covid-19, Pemdes diminta agar mengandeng semua unsur. Mengingat itu penting dalam perancangan anggaran dana desa.

“Ini perlu dilakukan agar tidak ada masalah di kemudian hari,” tegasnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *