Kabar Bima

Lelang Tanah Eks Jaminan Tahun 2020, Pemkab Bima Targetkan PAD Rp 7,5 Miliar

281
×

Lelang Tanah Eks Jaminan Tahun 2020, Pemkab Bima Targetkan PAD Rp 7,5 Miliar

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima targetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 7,5 Miliar dari lelang tanah eks jaminan aparat desa, dan tanah cadangan milik Pemkab Bima tahun 2020. Target tersebut terus meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Lelang Tanah Eks Jaminan Tahun 2020, Pemkab Bima Targetkan PAD Rp 7,5 Miliar - Kabar Harian Bima
Kasubbag Aset BPPKAD Kabupaten Bima Firman Ayatullah. Foto: Yadien

Kepala BPPKAD Kabupaten Bima melalui Kasubag Aset Firman Ayatullah mengatakan, tahun 2019 lalu lelang tanah capai sekitar Rp 5,7 miliar. Sedangkan targetnya saat itu dari 2018 dan 2019 totalnya sekitar Rp 8,5 miliar. Sementara untuk tahun 2020 pihaknya menargetkan Rp. 7,5 Miliar.

Lelang Tanah Eks Jaminan Tahun 2020, Pemkab Bima Targetkan PAD Rp 7,5 Miliar - Kabar Harian Bima

“Memang targetnya meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya, Selasa (14/4).

Kata dia, dengan besarnya target PAD Tahun ini, pihaknya akan terus melakukan inovasi. Baik dalam proses maupun tata cara pelaksanaan lelang tersebut, agar bisa target tercapai.

“Apa yang menjadi kekurangan dalam lelang sebelumnya akan kita evaluasi. Sehingga target tersebut tercapai,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pada tahun sebelumnya masih sekitar 30 persen tanah Penunjuk Langsung (PL). Tanah PL tersebut merupakan tanah yang tak diminati saat lelang umum. Kemungkinan karena harga penawarannya tinggi yang tak sesuai dengan kondisi tanah.

“Kita akan minimalisir adanya tanah PL tersebut. Yakni dengan mengurangi harganya agar tanah itu diminati saat lelang umum,” jelasnya.

Prosss lelang tanah kata dia, akan dibuka pada bulan Oktober mendatang, dengan harapan target PAD tahun 202p biza tercapai.

“Alhamdulillah selama 2 tahun kita tangani lelang tanah mengalami peningkatan. Biasanya setiap tahun maksimalnya sekitar Rp 4 Miliar. Namun kini sudah capai Rp 5,7 Miliar,” ungkapnya.

*Kahaba-10