oleh

Optimalkan Pencegahan Corona, Pemdes Leu Berikan APD ke Bidan Desa

-Kabar Bima-7 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Maksimalkan upaya pencegahan Virus Corona, Pemerintah Desa Leu menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk bidan desa, Sabtu (25/4)

Penyerahan APD kepada 2 orang bidang Desa Leu. Foto: Ist

Kepala Desa Leu Muhammad Taufik mengatakan, agar pelayanan dan pencegahan penyebaran Covid-19 maksimal dilakukan oleh para petugas termasuk bidan desa, pemerintah desa setempat membeli APD menggunakan dana desa tahun 2020 untuk para petugas. Jumlah APD yang dibeli sebanyak 6 unit, yakni 3 orang Satgas Covid-19 dan 3 orang bidan desa.

“1 orang Satgas Covid-19 itu ada bidan desa juga. Sehingga total bidan desa 4 orang yang dapat APD,” ujarnya.

Kata dia, para bidan desa itu perlu dibekali APD yang lengkap, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan saat mereka periksa ibu hamil atau balita di desa.

“Kita tidak tahu, apakah para ibu hamil itu ada yang terpapar atau tidak. Makanya para bidan desa harus pakai APD,” katanya.

Saat ini sambung Taufik, kegiatan Posyandu sudah ditiadakan sementara waktu. Sehingga para bidan desa itu akan mendatangi rumah-rumah ibu hamil untuk memeriksa kesehatan mereka.

“Selain APD, kami juga menyerahkan penyemprot disinfektan kepada para bidan desa,” bebernya.

Taufik menambahkan, sebagai bagian dari ikhtiar pencegahan Covid-19, saat ini di wilayah desa setempat telah diberlakukan sterilisasi wilayah. Sehingga warga desa lain yang mau masuk wilayah desa setempat dibatasi jika tidak terlalu penting.

“Sterilisasi wilayah kami lakukan sejak 5 hari yang lalu,” ungkapnya.

Ia berharap semoga pandemi ini segera berlalu, dan tidak ada warga desa setempat yang terpapar oleh virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan Cina itu.

“Semoga kita semua dilindungi dari virus ini,” harapnya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru