oleh

Desa Bajo Berlakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- 2 warga di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima positif Covid-19. Agar jumlah tidak semakin bertambah, jajaran tim gugus tugas melakukan berbagai antisipasi.

Tim Covid-19 PKM Soromandi saat melakukan pemeriksaan suhu tubuh warga yang keluar dan masuk Desa Bajo. Foto: Eric

PKM Soromandi bersama pemerintah Desa Bajo dan kelompok remaja setempat melakukan pemeriksaan suhu badan untuk warga yang beraktifitas keluar dan masuk di Desa Bajo Kecamatan Soromandi.

Anggota tim gugus tugas Covid-19 PKM Soromandi Misnatul Hasanah menyampaikan, pemeriksaan suhu tubuh diberlakukan mulai pagi sampai malam hari. Caranya, menggunakan sistem rotasi petugas yang berjaga, agar lebih maksimal melakukan pemantauan.

“Pemeriksaan suhu tubuh ini diberlakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujarnya, Sabtu (2/5).

Selain pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya juga telah menyiapkan hand sanitizer. Setiap pengguna jalan yang lewat wajib mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian bagi warga yang berdomisili di luar dari Kecamatan Soromandi, akan dicatat datanya bersama riwayat perjalanan.

“Kami hanya ingin memastikan setiap pengguna jalan yang lewat diketahui kondisi kesehatannya dan terus terpantau,” katanya.

Ia menambahkan, apabila selama pemeriksaan didapatkan pengguna jalan memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat celsius, maka akan dilakukan edukasi dan pemeriksaan dengan melihat beberapa gejala seperti apakah merasa demam, batuk pilek, sakit tenggorokan dan mengalami gangguan pernafasan.

Jika suhu tubuh sudah melewati 37 derajat dan gejala mengarah ke Covid-19, maka pihaknya akan mengarahkannya untuk diperiksa lebih lanjut di PKM Soromandi. Sehingga bisa diketahui, apakah terjangkit virus atau tidak.

“Upaya yang kami lakukan ini utamanya lebih kepada tindak pencegahan, karena kita tahu virus Corona ini lagi menyebar dan menjadi perhatian pemerintah Indonesia bahkan dunia,” bebernya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru