31 Warga Kananga Diambil Sampel Uji Swab

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dari jumlah 53 orang yang berkontaminasi langsung dengan 9 pasien positif Covid-19 Desa Kananga Kecamatan Bolo, 31 di antaranya telah diambil sambel uji swab.

Ilustrasi

Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah mengatakan, sampai saat ini 3 kloter telah diambil sampel uji swab. 1 kloter berjumlah 10 orang, 12 orang dan 9 orang.

“Sisanya akan diambil sampel swab dalam waktu dekat,” ujarnya, Selasa (6/5).

Kata dia, pengambilan sampel swab dibatasi dan tidak bisa dilakukan sekaligus, karena ketersediaan di lab RSU Sondosia tidak memadai.

“Jadi 1 kloter hanya 10 atau belasan saja,” katanya.

Hingga saat ini ada banyak kendala yang ditemukan oleh tim medis saat akan mengambil sampel para warga tersebut. Ada warga yang menolak untuk diperiksa, bahkan ada juga yang melarikan diri.

“Kami harus berhati-hati membujuk mereka agar mau periksa,” ungkapnya.

Nurjanah menjelaskan, rata-rata alasan warga tidak mau diperiksa karena merasa diri sehat dan tidak mengalami gejala. Padahal, yang tidak bergejalapun ada yang sudah terpapar.

“Mereka merasa diri sehat. Makamya menolak diperiksa,” bebernya.

Ia mengimbau kepada seluruh sarga agar kooperatif ketika hendak diperiksa oleh tim medis. Hal itu perlu dilakukan agar wabah ini bisa dilawan.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *