oleh

Jelang Idul Fitri, Masih Banyak Desa di Bolo Belum Setor Zakat Fitrah

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dari 14 desa yang ada di Kecamatan Bolo, tercatat masih banyak yang belum menyetorkan Zakat Fitrah ke Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bolo. Hingga 4 hari menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah, total Zakat Fitrah yang sudah terkumpul baru sebesar Rp 18 juta lebih.

Jelang Idul Fitri, Masih Banyak Desa di Bolo Belum Setor Zakat Fitrah
Ketua UPZ Kecamatan Bolo Jamaludin H A Talib. Foto: Yadien

Ketua UPZ Kecamatan Bolo Jamaludin H A Talib mengatakan, dari total Rp 18 juta lebih Zakat Fitrah yang terkumpul itu merupakan zakat yang disetor oleh Pemdes Tumpu, Bontokape dan Timu.

“Desa Tumpu menyetor sebesar Rp 8 juta, Timu 5 juta lebih dan Bontokape sebesar Rp 5 juta lebih,” sebutnya, Selasa (19/5).

Sedangkan desa yang belum setor zakat fitrah kata dia, yakni Desa Rasabou, Tambe, Rato, Kananga, Rada. Selain itu Desa Nggembe, Darusalam, Sondosia, Sanolo, Leu dan Rato.

“Dari 14 desa, baru 3 desa yang sudah setor,” katanya.

Ia membeberkan, angka penyetoran zakat dari tahun ke tahun menurun drastis. Tahun 2019 menurun juga dibandingkan dengan zakat tahun 2018.

“Tahun 2019 zakat fitrah yang terkumpul Rp 70.633.000 bersumber dari desa. Sedangkan dari sekolah sebesar Rp 21.669.286,” bebernya.

Untuk Zakat Mal sebut dia, 12 desa sudah menyetor. Sisanya 2 desa yakni Desa Kananga dan Sanolo.

*Kahaba-10

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru