oleh

SMAN 4 Manfaatkan Lahan Sekolah untuk Budidaya Ikan Lele dan Kangkung

Kota Bima, Kahaba.- Libur panjang akibat pandemi Covid-19 membuat sejumlah lembaga pendidikan melakukan beragam program dan inovasi. Hal ini yang dilakukan jajaran guru dan siswa SMAN 4 Kota Bima, dengan melakukan budidaya ikan dan kangkung dalam ember di halaman sekolah.

SMAN 4 Manfaatkan Lahan Sekolah untuk Budidaya Ikan Lele dan Kangkung
Kepala SMAN 4 Kota Bima Hj Siti Maryatun bersama siswa saat memantau budidaya ikan dan kangkung di halaman sekolah. Foto: Eric

“Kegiatan ini untuk melatih dan mengembangkan jiwa enterprenuer siswa, dan menumbuh kembangkan bakat dibidang kewirausahaan,” ujar Kepala SMAN 4 Kota Bima Hj Siti Maryatun Sabtu (30/5).

Maryatun menjelaskan, perlunya siswa dibekali dengan kemampuan berwirausaha agar meningkatkan perekonomian keluarganya suatu saat nanti.

“Wirausaha sebuah profesi yang menjanjikan, mengingat lapangan kerja semakin sulit,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam melatih siswa belajar budidaya ikan dan kangkung, pihak sekolah telah memilih guru pembimbing yang berkualitas untuk memberikan penyuluhan mengenai tata cara budidaya yang baik dan benar. Sehingga bisa menghasilkan ikan dan kangkung yang berkualitas dan bisa dipasarkan.

Kepsek menambahkan, karena libur sekolah masih diperpanjang. Maka saat ini tugas siswa adalah merawat kolam, memberi makanan ikan secara rutin, memelihara kebersihan kolam, sampai dengan panen ikan dan juga kangkung.

“Bibit ikan 3.000 ekor yang dipelihara. Harapan ke depan hasilnya bisa maksimal dan bisa meningkatkan perekonomian siswa,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru