Inspektorat Bentuk Tim Awasi Penggunaan Dana Covid-19 Tiap Kelurahan

Kota Bima, Kahaba.- Munculnya berbagai polemik dibeberapa kelurahan terkait penggunaan dana Covid-19, mengharuskan Inspektorat Kota Bima menindaklanjuti dengan melakukan langkah untuk memonitoring penggunaannya.

Sekretaris Inspektorat Kota Bima Anwar. Foto: Eric

Sekretaris Inspektorat Kota Bima Anwar menyampaikan, dengan adanya polemik terkait dana Covid-19. Pihaknya kini telah membentuk tim untuk melakukan penelusuran awal, agar bisa mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

“Kita akan menelusuri sejauh mana proses penggunaan dana Covid-19 di seluruh pemerintah kelurahan. Mulai dari proses pencairan, penggunaan dan pelaporan,” terangnya, Rabu (3/6).

Menurut informasi yang dihimpun kata dia, terdapat beberapa kelurahan yang menjadi atensi untuk dilakukan monitoring dan pengawasan, yaitu di Kelurahan Rite dan Penaraga.

Pihaknya sudah memanggil 2 kepala kelurahan tersebut untuk mengetahui sejauh mana penggunaan dana Covid-19 dan bentuk fisik dari pemakaian dana tersebut.

“Maka dari itu kami meminta kepada jajaran pemerintah kelurahan lain juga agar menggunakan dana sesuai dengan aturan dan prosedur,” katanya.

Anwar mengungkapkan, setelah memanggil dan klarifikasi, pihaknya akan memberikan catatan kepada pemerintah kelurahan untuk melengkapi administrasi. Tapi jika ada indikasi pelanggaran penggunaan dana, pihaknya akan segera melakukan audit.

“Jika hasil audit ditemukan pelanggaran, terutama ada indikasi kerugian negara. Maka akan kami akan mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah kelurahan untuk mengembalikan kerugian negara tersebut. Serta rekomendasi kepada kepala daerah untuk memberikan sanksi kepada siapa saja yang melakukan pelanggaran,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. MUNIR HUSEN Dosen STInH Muhammadiyah Bima

    Walauupun belum terlambat untuk membentuk tim mengawasi keuangan di Kelurahan, perlu diapresiasi agar tidak terjadi kegaduhan di Kota Bima, banyak terkuras tenaga dan pikiran pemerintah kota Bima karena masalah di bawah terus ada bahkan masih blm optimal dilakukan, Pak Camat juga belum ada secuil pun yang bs menyampaikan apa yang terjadi sebenar x di Kelurahan, mestti x Camat juga jangan tinggal diam kr kelurhan itu berada pada pada wilayah hukum kecamatan. Hanya camat kecmatan Raba yang baru ada menyampaikan persoalan yang sdh ditangani trms pak Sirajudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *