Pemuda Desa Bajo Bersihkan Sampah Sepanjang Pantai Pulau Kambing

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ingin merubah Pulau Kambing sebagai destinasi wisata kerakyatan baru, puluhan pemuda Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima menggalakan bhakti sosial dengan membersihkan sampah di sepanjang pantai tersebut, Minggu (7/6).

Pemuda Desa Bajo Kecamatan Soromandi saat membersihkan sampah di Pulau Kambing. Foto: Eric

Koordinator kegiatan Ady Ardiansyah menyampaikan, aksi bersih pantai tersebut karena kondisinya yang sudah tanpak kotor dan tidak terurus. Pasalnya, masih rendah kesadaran wisatawan lokal yang berkunjung dan membuang sampah sembarangan.

“Pulau Kambing memiliki nilai sejarah dan budaya, jadi perlu dilestarikan dan kita jaga bersama,” ujarnya.

Menurut Ady, ide awal untuk membersihkan tempat bersejarah itu sejak awal Mei. Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pemuda dan eksen pada hari ini. Karena hasil pantauan mereka, sampah organik dan non anorganik banyak menumpuk.

“Selain mengganggu pemandangan, sampah menjadi musuh nomor satu pencemaran laut wilayah pesisir. Maka dari itu kami membersihkan agar tampak asri kembali,” katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan peduli lingkungan ini pula merupakan bagian dari langkah awal untuk mengajak semua pemuda dan pemudi agar bersatu membawa perubahan dengan menggalakan kebersihan. Terutama membangun beberapa spot menarik disepanjang jalan gunung yang pernah dibuat dan bahkan di puncak gunung.

“Aksi ini dapat memberikan contoh positif bagi masyarakat agar lebih peduli kebersihan. Serta mengedukasi generasi muda bahwa menjaga kebersihan butuh kekompakan dan kebersamaan,” tandasnya.

Adu pun meyakini dengan dipolesnya Pulau Kambing, akan membawa dampak sosial serta perekonomian untuk warga. Karena masyarakat bisa menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian alam.

Saat ini juga tambahnya, masyarakat yang menggunakan jasa angkutan perahu masih sepi, disebabkan banyaknya warga yang memiliki kendaraan sendiri. Tapi dengan adanya pesona wisata di Pulau Kambing, maka akan menambah daya tarik masyarakat yang akan berkunjung dan menggunakan jasa perahu.

“Inshaa Allah dengan adanya destinasi wisata baru, pemuda tidak banyak menganggur lagi karena bisa bekerja. Serta dapat membawa kesehjahteraan ekonomi bagi pemilik usaha perahu,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *