Kabar Bima

SDN 40 Susun Soal Penilaian Akhir Semester, Ulangannya Dilakukan Secara Daring

223
×

SDN 40 Susun Soal Penilaian Akhir Semester, Ulangannya Dilakukan Secara Daring

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Hari ini, Senin (8/6) SDN 40 Kota Bima menggelar rapat dengan jajaran guru untuk menyusun soal penilaian akhir semester. Soal tersebut dalam waktu dekat akan diberikan ke masing – masing siswa dan dikerjakan secara daring.

SDN 40 Susun Soal Penilaian Akhir Semester, Ulangannya Dilakukan Secara Daring - Kabar Harian Bima
Kepala SDN 40 Kota Bima Hj Maryamah. Foto: Bin

Kepala SDN 40 Kota Bima Hj Maryamah disela – sela pertemuan menjelaskan, tujuan dihelatnya kegiatan ini agar peserta rapat dapat menyusun soal HOTS dengan prosedur  memetakan Kompetensi Dasar yang dinilai. Kemudian menyusun kisi-kisi soal dan menyusun Soal HOTS.

SDN 40 Susun Soal Penilaian Akhir Semester, Ulangannya Dilakukan Secara Daring - Kabar Harian Bima

“Prosedurnya, soal disusun pertema, model soalnya isian dan esai,” katanya.

Ia menyebutkan, untuk jumlah soal perkelas berbeda – beda. Kelas 6 sebanyak 60 soal, kelas 5 sebanyak 50 soal, kelas 4 sebanyak 40 soal, kelas 3 sebanyak 30 soal, sementara kelas dan 1 dan 2 masing-masing sebanyak 20 soal.

“Jadi pada tanggal 9 Juni nanti penyusunan kisi-kisi soal. Kemudian pada tanggal 10 Juni kisi-kisi soal sudah sampai di masing-masing siswa. Ulangannya mulai tanggal 15 Juni sampai 20 Juni,” terangnya.

Maryamah menjelaskan, teknis ujiannya dilakukan secara daring. Prosesnya pun bisa ditemani oleh orang tua siswa. Bentuk penilaiannya, dari nilai portofolio raport dan nilai tugas dan penilaian akhir semester ini.

“Jadi sesungguhnya nanti bukan hasil dan target kurikulum yang dilihat, tapi dari prosesnya,” ungkap Maryamah.

*Kahaba-01