Kabar Bima

13 Juli Dikbud Uji Coba Sekolah Tatap Muka

242
×

13 Juli Dikbud Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima bulan depan bertepatan dengan tahun ajaran baru, akan menggelar uji coba sekolah tatap muka. Rencananya, uji coba dilaksanakan pada tiga hari pertama masa orientasi sekolah ajaran baru.

13 Juli Dikbud Uji Coba Sekolah Tatap Muka - Kabar Harian Bima
Kepala Dikbud Kota Bima H Syamsuddin. Foto: Deno

“Iya nanti uji cobanya dimulai tanggal 13 Juli 2020,” sebut Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Syamsuddin, Senin (22/6).

13 Juli Dikbud Uji Coba Sekolah Tatap Muka - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, uji coba sekolah tatap muka nanti tetap menerapkan prokol Covid-19. Seperti harus menyediakan tempat cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak dengan memberlakukan sistem shift.

Untuk mengetahui sekolah mana saja yang siap dengan uji coba tatap muka, pihaknya sedang melakukan pemetaan. Kesiapan dimaksud seperti fasilitas cuci tangan, ruang kelas yang cukup untuk penerapan jaga jarak, hingga kesiapan tenaga pengajar.

“Shift nanti diterapkan berdasarkan wilayah, digilir sesuai jadwal mana yang akan belajar di sekolah dan mana yang di rumah. Jika sekolah dalam kelas tidak mencukupi penerapan jaga jarak, akan ada kelas pagi dan sore,” jelasnya.

Menurut Syamsuddin, sejauh ini skenario persiapan uji coba sekolah tatap muka masih terus disiapkan dan bekerjasama dengan dewan pendidikan serta organisasi pendidikan di Kota Bima.

“Nanti apabila ada orang tua khawatir anaknya masuk sekolah, pihak sekolah tidak akan memaksa. Siswa tersebut, akan tetap mengikuti proses belajar mengajar melalui sistem daring,” terangnya.

Dia menambahkan, yang dijelaskannya masih tahapan uji coba dan rencananya dihelat selama 14 hari. Jika potensi resiko bagi anak tinggi, maka dikembalikan ke sistem daring atau online.

*Kahaba-01