Kabar Bima

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Las

344
×

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Las

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk menekan angka penggangguran dikalangan masyarakat terutama pemuda, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyelenggarakan pelatihan las di laboratorium bengkel SMKN 2 Kota Bima, Selasa (30/6). Kegiatan itu diikuti 25 peserta.

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Las - Kabar Harian Bima
Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bima Amsor saat memantau pelatihan las di Laboratorium Bengkel SMKN 2 Kota Bima. Foto: Eric

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bima Amsor menyampaikan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai implementasi visi dan misi Pemerintah Kota Bima yang terus membuka peluang menciptakan lapangan kerja dari berbagai bidang dan sektor.

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Las - Kabar Harian Bima

“Melalui pelatihan ini akan tercipta tenaga kerja yang siap pakai dan handal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelum pelatihan las ini dilakukan, terlebih dahulu pihaknya membekali peserta dengan materi ilmu dan teori selama 5 hari, yang diajari 3 instruktur dari guru SMKN 2 Kota Bima dan BLK Provinsi NTB.

25 peserta ini juga diajarkan bagaimana teknik dan tatacara las yang baik dan benar, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomi.

“Dengan pemberian materi dan pelatihan yang maksimal, kami meyakini peserta akan menjadi tenaga terampil dan berkualitas,” katanya.

Amsor menuturkan, seusai mengikuti pelatihan, 25 peserta akan diberikan alat untuk membuka usaha mandiri. Sedangkan untuk modal usaha, pihaknya memberikan melalui uang saku dan transport selama pelatihan dengan sistem transfer melalui rekening masing-masing peserta.

Dengan modal usaha dan alat kelengkapan yang dibagikan tersebut, maka pemerintah mengharapkan kepada 25 peserta dapat memanfaatkan dengan baik kesempatan untuk membuka usaha perbengkelan mandiri.

Ia menambahkan, hasil pantauan selama 6 hari pelatihan las, para peserta telah mampu menghasilkan beberapa produk seperti bangku, jemuran handuk, rak sepatu, rak toko, pagar, pintu gerbang dan kanopi.

*Kahaba-04