Bersama Warga Rabadompu Barat, DLH Bersihkan Sungai Dam Rontu

Kota Bima, Kahaba.- Melaksanakan program tahunan Kali Bersih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama masyarakat Rabadompu Barat membersihkan sungai DAM Rontu, Rabu (1/7) sekitar pukul 08.00 Wita.

Jajaran DLH Kota Bima bersama warga foto bersama disela – sela membersihkan sungai Dam Rontu. Foto: Deno

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima H Alwi Yasin mengatakan, tujuan jangka panjang membersihkan sungai tersebut yakni mengajak masyarakat sadar dengan kondisi sampah. Masyarakat harus berfikir, dengan kali yang bersih maka bisa memanfaatkan untuk memelihara ikan serta menanam sayuran di pinggir kali.

Apalagi Kali Dam Rontu tersebut menjadi ikon Kota Bima, semua rumah yang ada di pinggir kali sebelumnya membelakangi sungai. Tapi kini banyak rumah sudah menghadap sungai dan menjadi Water For City. Masyarakat harus menjaga kebersihan kali dan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Kalau masyarakat ingin pinggir sungai bersih, maka dengan sendirinya masyarakat akan menjaga kebersihan sungai,” ujarnya.

Kata Kadis, sungai DAM Rontu sesuai amanah kajian lingkungan hidup strategis, sungai tersebut harus menjadi contoh bagi penataan seluruh sungai di Kota Bima. Jika ini diwujudkan, maka ancaman banjir bisa dihindari.

Mantan Kadis Dikpora tersebut mengaku bahwa kerja DLH mengajak masyarakat membersihkan sungai tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar. Dengan demikian, dirinya sangat berharap agar masyarakat tetap berkomitmen menjaga kebersihan sungai.

“Sungai yang bersih adalah keinginan kita bersama, mari kita mewujudkan itu demi menuju daerah yang bersih” ajaknya.

*Kahaba-05

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *