Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan Pada Penderita TBC dan Kusta

Kota Bima, Kahaba.- Untuk membantu meringankan beban penderita Tuberkulosis (TBC) dan Kusta, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima menyalurkan puluhan paket bantuan sebagai bentuk kepedulian sosial di tengah Pandemi Covid-19.

Jajaran Baznas Kota Bima saat memberikan bantuan untuk penderita penyakit TBC dan Kusta. Foto: Ist

“Jumlah bantuan mencapai Rp 60 juta, diberikan untuk 60 orang yang mengidap penyakit tersebut. Setiap penderita dapat Rp 300 ribu,” sebut Sekretaris Baznas Kota Bima H Muhdin, Rabu (1/7).

Ia menyampaikan, penyaluran bantuan bagi penderita penyakit TBC dan Kusta berdasarkan hasil Rakornas Zakat di Jakarta beberapa waktu lalu. Sementara teknis penyaluran bantuan yakni mendatangi langsung para penerima manfaat yang sedang dalam kondisi perawatan.

“Ini dilakukan untuk mempermudah petugas memberikan bantuan, juga terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang menangani pasien. Setelah mendapatkan rekam medis dari dokter, kami langsung mendatangi pasien dan memberikan bantuan,” katanya.

Muhdin menjelaskan, penyaluran bantuan dilaksanakan bersama tim Baznas yang telah dibagi beberapa tempat, dengan target 60 pasien.

“Semua tersalurkan pekan ini,” ungkapnya.

Adapun pasien yang mendapat perawatan di 7 Puskesmas (PKM), yaitu di PKM Kolo, Jatibaru, Paruga, Mpunda, Pena Nae, Kumbe dan Rasanae Timur.

Selain memberikan bantuan bagi penderita TBC dan kusta, pihaknya juga sedang dalam proses penyaluran bantuan insentif Rp 100 ribu untuk guru honorer dan sukarela tingkat SD dan SMP sederajat. Serta bantuan beras 10 kilogram untuk setiap pekerja pemecah batu, kerikil, penambang pasir, buruh pasar, pelabuhan dan batu bata.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *