Kabar Bima

Kekurangan Guru, Dinas Dikbud Akan Gelar Rotasi

238
×

Kekurangan Guru, Dinas Dikbud Akan Gelar Rotasi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti saran dan usulan Dewan Pendidikan Kota Bima tentang banyaknya SDN yang kekurangan tenaga pendidik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) telah berkoordinasi dengan kepala daerah untuk memberitahukan perihal tersebut. (Baca. Hasil Monitoring Dewan Pendidikan, Puluhan SD Kekurangan Guru)

Kekurangan Guru, Dinas Dikbud Akan Gelar Rotasi - Kabar Harian Bima
Kepala Dikbud Kota Bima H Syamsuddin. Foto: Bin

“Untuk sementara, kepala daerah mengarahkan agar dilakukan pengusulan nama untuk rotasi dan mutasi agar bisa mengisi kekosongan sejumlah guru tersebut,” ujar Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Syamsuddin, Senin (6/7).

Kekurangan Guru, Dinas Dikbud Akan Gelar Rotasi - Kabar Harian Bima

Menurut dia, setelah mengetahui kondisi tersebut pihaknya langsung melakukan pemetaan berdasarkan kebutuhan setiap sekolah. Kemudian, secepatnya disampaikan kepada BKPSDM untuk diproses untuk menunggu persetujuan kepala daerah.

Syamsuddin mengungkapkan, terkait perimintaan lainnya oleh dewan pendidikan terutama perekrutan guru melalui tes CPNS juga disetujui oleh kepala daerah. Karena mengingat tenaga pendidik yang dimiliki Kota Bima masih kurang, apalagi setiap tahun selalu ada yang memasuki masa purna tugas.

“Tenaga guru selalu diusulkan kuotanya setiap tes CPNS dibuka, karena merupakan skala prioritas,” tandasnya.

Ia menambahkan, mengenai kapan waktu dilakukan rotasi dan mutasi bagi tenaga pendidik. Dia belum bisa menjawab secara detail, karena masih menunggu arahan dan instruksi kepala daerah.

*Kahaba-04