Kabar Bima

11 Desa di Bolo Belum Musdes Pemuktahiran BDT

203
×

11 Desa di Bolo Belum Musdes Pemuktahiran BDT

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dari 14 desa yang ada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, baru 3 desa yang sudah melakukan musyawarah desa (Musdes) pemuktahiran Basis Data Terpadu (BDT). Sementara 11 desa lainya belum melaksanakannya.

11 Desa di Bolo Belum Musdes Pemuktahiran BDT - Kabar Harian Bima
Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan. Foto: Yadien

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan menyampaikan, sebanyak 11 desa di Kecamatan Bolo belum melakukan Musdes pemuktahiran Basis Data Terpadu (BDT), antaranya yakni Desa Sanolo, Kara, Sondosia dan lainnya.

11 Desa di Bolo Belum Musdes Pemuktahiran BDT - Kabar Harian Bima

“Desa yang sudah melakukan Musdes yakni Rasabou, Tambe dan Rato,” sebutnya, Selasa (28/7)

Kata dia, pemutakhiran BDT itu sangat penting dilakukan, agar penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) tepat sasaran dan sesuai kriteria yang ditentukan pemerintah.

“Pemutakhiran BDT ini adalah kebutuhan bersama mulai dari Pemdes hingga pemerintah pusat,” katanya.

Data itu sambung dia, dianggap sangat penting agar semua warga yang tidak mampu dapat tercakup Bansos. Data tersebut akan diinput lewat aplikasi kemudian oleh Pusdatin baru data final bisa di update. Selanjutnya data ini akan berputar terus, jika ada perubahan bisa dilakukan perbaikan.

Ia pun berharap, desa yang belum melakukan Musdes pemuktahiran BDT agar segera melaksanakan. Sehingga warga tidak mampu yang sebelumnya  tidak pernah tercakup sebagai penerima manfaat, dapat merasakan Bansos.

“Kalau nama warga miskin tidak ada di BDT, jangan harap dapat Bansos. Untuk itu segera laksanakan Musdes pemuktahiran BDT,” sarannya.

*Kahaba-10