Klaim Sembuh, 25 Pasien Covid-19 di PKM Paruga Pulang ke Rumah Masing-Masing

Kota Bima, Kahaba.- Pagi ini, Sabtu (1/8) 25 pasien Covid-19 yang diisolasi di Puskesmas (PKM) Paruga dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka mengklaim bahwa sudah sembuh jika mengacu pada revisi kelima tentang penanganan Covid-19. (Baca. Transmisi Lokal, Hari Ini Pasien Covid-19 di Kota Bima Bertambah 25 Orang)

Pasien Covid-19 di PKM Paruga berpose sebelum pulang ke rumah masing-masing. Foto: Ist

Kepala Puskesmas Paruga Rita Astuti yang dikonfirmasi membenarkan 25 orang tenaga kesehatan tersebut, termasuk dirinya sudah pulang ke rumah masing-masing. (Baca. Tidak Dirawat Dengan Baik, Pasien Covid-19 Ribut di PKM Paruga)

“Kami membawa pulang juga surat keterangan bahwa kami sudah sembuh. Surat itu dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan, bahwa kami sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” ungkap perempuan yang juga terpapar Covid-19 tersebut. (Baca. Gejolak di PKM Paruga, Azhari: Penanganan Hasil Reaktif dan Positif Covid-19 itu Berbeda)

Rita menjelaskan, sesuai dengan revisi kelima mereka sudah tidak lagi positif Covid-19. Revisi kelima itu bukan hasil swab terbaru, tapi aturan yang dipakai untuk protap acuan penanganan Covid-19.

“Jadi kami tidak mesti dirawat lagi di PKM, karena tidak memiliki gejala selama 10 hari dirawat di ruangan isolasi. Sementara kami ini kan sudah 12 hari diisolasi dan tidak memiliki gejala,” tegasnya.

Diakui Rita, hasil positif 25 orang di merupakan hasil pertama dan kedua swab. Dari hasil swab juga, ada dari 25 orang itu yang negatif.

Jadi jika mengaju pada revisi kelima dimaksud, sudah tidak ada lagi swab ketiga. Karena swab ketiga bisa dilakukan apabila ada keluhan selama 10 hari diisolasi.

“Makanya kita dinyatakan sembuh karena tidak ada gejala selama 10 hari. Virus juga akan mati dengan sendirinya di dalam tubuh, yang tersisa hanya tubuh dan kerangka,” jelasnya.

Ditanya tidak khawatir dengan keluarga yang ada di rumah? Rita menjawab mereka akan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 7 hari.

“intinya kami sudah sembuh, karena kami tidak ada keluhan yang mengarah ke Covid-19,” tegasnya lagi.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *