Kabar Bima

Dinas Dikbud Rakor Pendataan Tenaga Budaya

228
×

Dinas Dikbud Rakor Pendataan Tenaga Budaya

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Salah satu komponen penting dalam membangun kebudayaan adalah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu Dinas Dikbud Kota Bima menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama 41 perwakilan satgas tenaga budaya setiap kelurahan se-Kota Bima.

Dinas Dikbud Rakor Pendataan Tenaga Budaya - Kabar Harian Bima
Rapat Koordinasi pendataan tenaga budaya di Aula Gedung Seni Budaya. Foto: Eric

Kabid Kebudayaan melalui Kasi Tenaga Budaya Dinas Dikbud Yati Aulia menyampaikan, rakor yang sekaligus pembentukan satgas tenaga budaya tersebut untuk mengetahui data dan jumlah budaya yang ada di daerah.

Dinas Dikbud Rakor Pendataan Tenaga Budaya - Kabar Harian Bima

“Saat ini kita masih kekurangan data budaya hampir disetiap kelurahan. Maka dari itu rakor ini penting untuk merekrut tenaga budaya yang akan melakukan pendataan,” katanya, Senin (3/8).

Aulia menuturkan, dengan rakor inipula pihaknya bisa membentuk satgas tenaga budaya yang berkualitas. Memiliki kecakapan dan menggali potensi budaya yang belum terdata sampai saat ini.

“Melalui pengembangan SDM satgas tenaga budaya, maka ke depan kita bisa memiliki data sumber dan profesi budaya yang akuntabel dan akurat disetiap kelurahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah rakor ini maka dalam waktu dekat para satgas tenaga budaya sudah bisa bekerja. Mulai dari perencanaan, peninjauan lapangan sekaligus mendata secara langsung setiap aset budaya yang ada.

“Data kebudayaan ini akan sangat bermanfaat pagi perencanaan dan evaluasi pembangunan di bidang kebudayaan. Karena dengan diketahuinya keberadaan sumber kebudayaan ini, maka dapat dijadikan sarana promosi bagi potensi wisata di kelurahan,” tambahnya.

*Kahaba-04