Kabar Bima

Kapolres, Dandim dan Ketua Bawaslu Bima Bangun Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas

246
×

Kapolres, Dandim dan Ketua Bawaslu Bima Bangun Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Abdullah menerima kunjungan Kapolres Bima Kota, Dandim 1608/Bima di ruang rapat Bawaslu, Selasa (4/8). Kunjungan tersebut membahas tentang perkembangan situasi keamanan proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020.

Kapolres, Dandim dan Ketua Bawaslu Bima Bangun Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas - Kabar Harian Bima
Kapolres Bima Kota, Dandim Bima dan Ketua Bawaslu Bima foto bersama usai pertemuan. Foto: Ist

Abdullah menjelaskan, kendati tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima di KPU belum mulai dibuka, namun arus dinamika politik di Bima sudah mulai hangat.

Kapolres, Dandim dan Ketua Bawaslu Bima Bangun Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas - Kabar Harian Bima

Karena itu, penting bagi pengawas, aparat TNI dan Polri untuk menyiapkan diri lebih dini dalam membangun komitmen secara bersama, menyatukan persepsi dan menentukan langkah pencegahan serta penanganan yang cepat dan tepat, demi terlaksananya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 yang aman dan damai.

“Tadi kami membahas tentang kondisi terkini terkait situasi dan kondisi keamanan terhadap proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020,” terang ketua Bawaslu yang akrab disapa Ebit ini

Menurut dia, moment tersebut digunakan untuk mengidentifikasi atau memetakan sejumlah masalah, yang patut diduga dapat menjadi benih dan bisa memicu terganggunya instabilitas keamanan.

Pencegahan dini ini penting, selain untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan pada setiap proses tahapan Pilkada, juga agar pihak pengawas, TNI/Polri memiliki langkah strategis yang tepat, dalam menangani setiap persoalan.

“Jadi, saat ini kami sudah mulai petakan sejumlah masalah yang diduga bisa saja muncul dalam Pilkada Bima yang akan digelar pada 9 Desember mendatang,” terangnya.

Terhadap dugaan tersebut tambah Ebit, pihaknya sudah mencoba untuk menemukeni penyebab atau akar masalah, serta telah melahirkan ide dan gagasan guna mencegah agar sesuatu yang tidak diinginkan bersama dalam proses Pilkada Bima 2020 ini tidak akan terjadi.

“Jika kemungkinan terburuk pun terjadi, maka kami juga sudah persiapkan ide serta gagasan berupa langkah penanganan yang cepat dan tepat,” pungkasnya.

*Kahaba-01