Kabar Bima

Humas RSUD Bima Paparkan Penanganan dan Meninggalnya Pasien Positif Covid

431
×

Humas RSUD Bima Paparkan Penanganan dan Meninggalnya Pasien Positif Covid

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tim Humas RSUD Bima H Muhammad Akbar mengungkapkan kronologis meninggalnya pasien Covid-19 Ny RK, warga Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Jumat sore kemarin. (Baca. Pasien Positif Corona Asal Kota Bima Meninggal dan Dijemput Paksa Keluarga)

Humas RSUD Bima Paparkan Penanganan dan Meninggalnya Pasien Positif Covid - Kabar Harian Bima
Tim Humas RSUD Bima H Muhammad Akbar. Foto: Ist

Menurut Akbar, pasien tersbeut pindah ke ruang Isolasi Zaitun tanggal 3 Agustus 2020 sekitar pukul 20.00 Wita, dengan keluhan sesak napas, batuk, panas, lemas, makan minum kurang. (Baca. Keluarga Pasien Covid-19 Meninggal, Protes Cara Kerja RSUD Bima)

Humas RSUD Bima Paparkan Penanganan dan Meninggalnya Pasien Positif Covid - Kabar Harian Bima

“Pada tanggal 3 Agustus tersebut juga dilakukan Rapid Test dan hasilnya reaktif,” katanya.

Kemudian karena reaktif, dari awal masuk ruangan dilakukan inform concent dan ada keluarga yang menandatanganinya. Berkas itu pun ada dalam status pasien. Lalu dilakukan swab pertama pada tanggal 4 Agustus 2020 dan hasilnya positif. (Baca. Hasil Swab Positif Pasien RK Diketahui 1 Jam Sebelum Meninggal)

Pada tanggal 7 Agustus 2020 sekitar pukul 15.50 Wita, informasi hasil Swab pasien RK Positif Covid-19 dan diminta untuk dipindahkan ke ruang isolasi Covid-19.

Lalu pada pukul 15.55 Wita, perawat mengedukasi keluarga untuk pindah ke ruang isolasi covid. Pukul 16.00 Wita kondisi pasien memburuk dan diperiksa oleh dokter jaga ruangan.

“Pada pukul 16.10 Wita pasien dinyatakan meninggal dunia,” ungkapnya.

Sesaat setelah itu kata Akbar, dokter jaga ruangan menjelaskan ke pihak keluarga RK bahwa pasien meninggal dunia dengan status positif Covid-19 dan harus dilakukan pemulangan jenazah sesuai protokol Covid-19. Namun keluarga pasien menolak.

Sekitar pukul 17.45 Wita jenazah dibawa pulang paksa oleh keluarga menggunakan mobil pickup berwarna hitam beserta tempat tidur ruang isolasi Zaitun

“Ruang Isolasi Zaitun itu adalah ruang isolasi bagi pasien RDT Reaktif,” terangnya.

*Kahaba-01