Kabar Bima

Walikota Bima Buka Sosialisasi DAK Tahun 2020

229
×

Walikota Bima Buka Sosialisasi DAK Tahun 2020

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima menggelar sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 di Gedung Seni Budaya (GSB) Kota Bima pada Senin kemarin. Sosialisasi dibuka Walikota Bima H Muhammad Lutfi.

Walikota Bima Buka Sosialisasi DAK Tahun 2020 - Kabar Harian Bima
Walikota Bima H Lutfi saat membuka secara resmi sosialisasi DAK 2020. Foto: Dok Hum

Saat menyampaikan sambutan Walikota mengharapkan setelah mengikuti sosialisasi peserta kegiatan dapat mengelola dana ini secara tepat guna, tepat sasaran dan dapat mempedomani ketentuan administrasi yang ada.

Walikota Bima Buka Sosialisasi DAK Tahun 2020 - Kabar Harian Bima

“Semoga dapat meningkatkan kualitas pendidikan terutama di Kota Bima,” harapnya.

Walikota berpesan kepada peserta hadir agar administrasi ditertibkan baik, kepala sekolah harus berinovasi dan berkreasi di tempat masing- masing, serta berkoordinasi dan komunikasi antar komite dan kepala Dinas yang nantinya akan dilaporkan kepada Kepala Daerah.

Menurut Walikota, koordinasi baik antar Dikbud sebagai leading sektor dan para kepala sekolah dan unsur lainnya harus seiring sejalan, agar jangan sampai ada masalah dan tidak sinkronnya data.

“Semua pihak harus secara sungguh-sungguh mengola administrasi sesuai aturan dan juklak juknis yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Lutfi menambahkan, dalam pendidikan hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengelola pembelajaran sebagai kekuatan inti, dan memperhatikan sarana dan prasarana serta perlu rehab terhadap bangunan sekolah yang rusak.

Dimintanya pula kepada segenap kepala sekolah dan ketua komite agar rajin membaca aturan, terutama berhubungan dengan tugas dan tanggungjawab. Aturan yang dimaksud sebagaimana tertuang dalam Juknis DAK fisik bidang pendidikan tahun 2020 yakni Perpres Nomor 88 Tahun 2019.

Perlu diketahui jumlah DAK tahun anggaran 2020 yakni sebesar 12 Miliar dengan jumlah penerima pekerjaan mutu (alat peraga/buku/tik Laboratorium computer) sebanyak 64 SD penerima alat peraga, 36 SMP penerima alat peraga, 26 PAUD penerima alat peraga, 6 PKBM penerima labcom TIK dan 1 SKB penerima labcom dan media pendidikan. Sementara jumlah sekolah penerima swakelola/fisik bidang pendidikan Kota Bima yakni 12 SD, 7 SMP, 10 PAUD dan 1 SKB.

*Kahaba-01