Kabar Bima

Rayakan HUT RI, STIE Bima dan Pemdes Bajo Gelar Lomba Tangkap Bebek di Laut

321
×

Rayakan HUT RI, STIE Bima dan Pemdes Bajo Gelar Lomba Tangkap Bebek di Laut

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, kahaba.- Memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia (RI), mahasiswa KKN STIE Bima bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Bajo menggelar berbagai macam lomba, Minggu (16/8). Seperti makan kerupuk, lari karung, lari kelereng, menggendong isteri hingga keseruan lomba saat warga mulai terjun ke laut untuk menangkap 20 bebek yang dilepas panitia.

Rayakan HUT RI, STIE Bima dan Pemdes Bajo Gelar Lomba Tangkap Bebek di Laut - Kabar Harian Bima

Rayakan HUT RI, STIE Bima dan Pemdes Bajo Gelar Lomba Tangkap Bebek di Laut - Kabar Harian Bima

Keseruan masyarakat Bajo dan mahasiswa STIE saat mengikuti lomba tangkap bebek di laut

Untuk bisa menangkap bebek tersebut, masyarakat terdiri dari pelajar, mahasiswa, pemuda hingga orangtua harus berenang sejauh 30 meter. Keseruan memuncak kala sejumlah bebek yang hendak ditangkap namun sulit dipegang. Namun pada akhirnya, semua bebek berhasil ditangkap peserta dalam tempo waktu sekitar 5 menit.

Ketua KKN STIE Bima Muamar Kadafid Desa Bajo Kecamatan Soromandi menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa di bidang sosial kemasyarakatan. Apalagi bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan, dia bersama 26 orang mahasiswa lain ingin bersama masyarakat setempat membangun rasa kebersamaan dalam membangun desa.

“Lomba ini bagian bagian dari menyambut HUT RI ke-75, sekaligus untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahim antara masyarakat dengan mahasiswa KKN STIE Bima,” ujarnya.

Rayakan HUT RI, STIE Bima dan Pemdes Bajo Gelar Lomba Tangkap Bebek di Laut - Kabar Harian Bima

Foto bersama mahasiswa STIE Bima dan warga Bajo saat lomba HUT RI

Kadafid menuturkan, agenda lain program kerja mahasiswa adalah memberikan edukasi protokol kesehatan covid-19 dengan sosialisasi dari rumah ke rumah warga. Kemudian menggelar seminar kewirausahaan, terutama pengembangan produk olahan lokal.

“Untuk edukasi Covid-19, kami sampaikan bagaimana cara menjaga pola hidup bersih, menggunakan masker setiap aktifitas, selalu mencuci tangan. Sedangkan seminar kewirausahaan ingin mengangkat produk ikan  seperti tongkol dan singkong, yang bisa diolah menjadi bakso, nuget dan kue,” katanya.

Sementara itu Anggota BPD Bajo Adhar Usman menambahkan, pihaknya siap bersama membantu mahasiswa KKN STIE Bima dalam menjalankan program kerja. Terutama di bidang sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

“Kami siap bekerjasama dalam bentuk kegiatan apapun dengan mahasiswa, demi terlaksananya program kerja bersama,” tambahnya.

*Kahaba-04