Peran Wakil Walikota Bima Sudah tidak Difungsikan Maksimal

Kota Bima, Kahaba.- Pada sejumlah acara kedinasan lingkup Pemkot Bima, belakangan Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan jarang terlihat hadir. Tentu saja ini menimbulkan sejumlah pertanyaan publik maupun kalangan birokrasi.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bima Syamsuddin. Foto: Bin

Absennya Wakil Walikota pada berbagai kegiatan resmi pemerintahan disinyalir tidak lepas dari mutasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Pasalnya, orang nomor 2 Kota Bima itu tidak dilibatkan secara penuh dalam proses penyusunan draf mutasi.

Peran Feri selaku Wakil Walikota seolah tidak lagi difungsikan maksimal. Setiap kegiatan yang disebar oleh Bagian Humas, nama Wakil Walikota tak pernah lagi tercantum sebagai orang yang mewakili Walikota.

Seperti kegiatan Pemkot Bima hari ini, Senin (31/8), satupun tidak ada yang melibatkan Wakil Walikota. Padahal Wakil Walikota tidak dalam posisi ke luar daerah. Dari 5 agenda Pemkot, 3 agenda dihadiri langsung Walikota, sedangkan 2 agenda lain dihadiri Sekda Kota Bima.

Anggota DPRD Kota Bima dari Fraksi PAN Syamsuddin menyorot kebijakan tidak difungsikannya jabatan Wakil Walikota Bima secara maksimal. Jadwal tentatif kepala daerah Wakil Walikota jarang dilibatkan dalam kegiatan penting.

“Saya melihat cara-cara Walikota ini tidak mencerminkan pemimpin yang membawa perubahan dan mengayomi seluruh komponen yang ada,” sorotnya, Senin (31/8).

Menurut dia, kebijakan seperti ini sama halnya melukai perasaan Wakil Walikota dan masyarakat yang mempercayakan amanahnya kepada Walikota dan Wakil Walikota Bima sebagai pasangan kepala daerah.

“Miris kita melihat ini. Adakah kesalahan besar Wakil Walikota sehingga harus diperlakukan seperti ini,” tanya Syamsuddin.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, H A Malik menjelaskan, jadwal kegiatan kedinasan sesuai dengan hasil disposisi Walikota, bukan atas kehendak pihak bagiannya.

“Disposisi pimpinan begitu, kami hanya menjalankan apa yang menjadi disposisi pimpinan,” ujarnya.

Ia mengakui, agenda kegiatan Pemerintah Kota Bima hari ini pun adalah sesuai hasil disposisi Walikota. Sementara pihaknya tidak punya kewenangan untuk mengatur.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *