Kabar Bima

Warga Rasabou Keluhkan Aroma Busuk Saluran Irigasi DAM Ncangakai

216
×

Warga Rasabou Keluhkan Aroma Busuk Saluran Irigasi DAM Ncangakai

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Warga Desa Rasabou Kecamatan Bolo mengeluhkan aroma busuk saluran irigasi DAM Ncangakai watasan desa setempat karena disebabkan saluran irigasi itu kering.

Warga Rasabou Keluhkan Aroma Busuk Saluran Irigasi DAM Ncangakai - Kabar Harian Bima
WaKondisi saluran irigasi DAM Ncangakai. Foto: Yadien

Warga Desa Rasabou Mansyur mengungkapkan, warga di sekitar irigasi merasa tidak nyaman dengan aroma busuk saluran irigasi itu. Apalagi jika warga sedang makan.

Warga Rasabou Keluhkan Aroma Busuk Saluran Irigasi DAM Ncangakai - Kabar Harian Bima

“Aromanya sangat menyengat. Kami merasa tidak nyaman,” ujarnya, Rabu (2/9)

Kata dia, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak beberapa pekan. Sejak masuk penghujung musim kemarau. Berbeda dengan tahun sebelumnya, walau pun di penghujung musim. Saluran irigasi DAM Ncangakai ada air mengalir, sehingga warga merasa nyaman.

Ia berharap, pemerintah dapat memerhatikan kondisi tersebut, dengan menginstruksikan pihak penjaga DAM Ncangakai untuk membuka pintu air, sehingga limbah yang ada di saluran irigasi tersebut dapat dibawa arus air.

Kepala Dusun (Kadus) La Kaba Desa Rasabou Muslimin H A Wahab membenarkan kondisi seperti itu. Pihaknya juga bahkan merasa tidak nyaman.

“Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Desa (Pemdes), apa yang dikeluhkan warga akan disampaikan ke Kades,” ucapnya.

Dia menambahkan, yang memiliki kewenangan terkait masalah tersebur adalah pihak pemerintah daerah melalui Dinas PUPR. Kendati demikian, pihaknya akan menyampaikan masalah tersebut dengan bersurat atau secara lisan.

“Insya Allah kita akan sampaikan masalah ini ke pemerintah atas,” terangnya.

*Kahaba-10