DPPPA Gelar Pertemuan Pokja PUG untuk Perangkat Daerah

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima menggelar pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Perangkat Daerah (PD) tingkat Kota Bima, di aula kantor Pemerintah Kota Bima Kamis (10/9).

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad bersama Kepala Bappeda H Fakhrunrazi, Assisten I Setda H Supratman, Kabid A Farid foto bersama usai acara acara Pertemuan Pokja PUG Bagi Perangkat Daerah. Foto: Eric

Terlihat hadir Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad, Kepala Bappeda H Fakhrunrazi, Assisten I Setda H Supratman, Kabid PP dan Gender A Farid, serta seluruh kepala OPD dan Camat se-Kota Bima.

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad menyampaikan, jika mengacu pada Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 yang mengatur tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerah, kemudian mengatur sistem kelembagaan serta sistem perencanaan responsif gender, maka untuk mewujudkan kesataraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan, dipandang perlu melakukan strategi pengarusutamaan gender dalam proses pembangunan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pengarusutamaan gender dapat masuk diseluruh proses pembangunan, karena merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan fungsional semua instansi dan lembaga pemerintah, baik dipusat dan juga tingkat daerah,” jelasnya.

Ahmad menjelaskan, tujuan agenda kegiatan ini untuk mendapatkan masukan sekaligus mendorong program kesetaraan gender agar bisa berjalan secara optimal. Kemudian dengan dilaksanakan pertemuan tersebut, dapat meningkatkan kemampuan dan prosentase jumlah OPD yang memahami dan mengimplementasikan pengarusutamaan gender.

“Dengan digelarnya kegiatan ini, maka ke depan pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam tataran siklus pembangunan lingkup pemerintah daerah menjadi lebih terarah, sistematis, sinergis dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut Aji Goma – sapaan akrabnya – pertemuan Pokja PUG ini tentu bukan hanya sekali saja, tapi terus berkelanjutan. Sehingga ke depannya bisa tercipta birokrasi pemerintahan yang memperhatikan kesamaan gender antara pria dan wanita serta meningkatkan peran dan kualitas perempuan.

Sementara itu Assisten I Setda H Supratman menambahkan, untuk mewujudkan apa yang menjadi agenda pertemuan itu, dia mengarahkan agar instansi terkait untuk memasukan setiap kepala OPD agar menjadi bagian dari kegiatan Pokja PUG

“Kelompok kegiatan pokja ini berupa bidang perencanaan, promosi dan sosialisasi, bimtek, data dan informasi serta evaluasi,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *