Walikota Bima Buka Diklat Penyusunan Perencanaan Bisnis

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperindag Kota Bima menggelar kegiatan pelatihan penyusunan perencanaan bisnis (Bisnis Plan) bagi wirausahaan muda Kota Bima, di Aula PLUT Kota Bima, Selasa (15/9). Diklat dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi.

Walikota Bima menyerahkan secara simbolis pakaian pelatihan kepada peserta Diklat Penyusunan Perencanaan Bisnis. Foto: Dok Hum

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Bima, Kadis Koperindag, Kabag Ekonomi, dan beberapa Kepala Perangkat Paerah lingkup Pemerintah Kota Bima.

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Abdul Haris dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pelatihan penyusunan perencanaan bisnis bertujuan untuk memberikan analisis terhadap rencana pengembangan perusahaan.

Dijelaskannya, secara khusus kegiatan ini akan mengkaji aspek legal, profil wilayah, visi – misi, kesesuaian teknis pengembangan, pasar dan pemasaran, sosial dan lingkungan, manajemen dan SDM, serta aspek finansial untuk menentukan manfaat ekonomis, workability legal dan teknis serta kelayakan finansial, dan sensitivitasnya terhadap faktor-faktor ekonomi, teknis dan finansial yang kritis terhadap rencana pengembangan bisnis.

“Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 15  September sampai dengan tanggal 17 September 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 30  wirausaha muda Kota Bima,” terangnya.

Haris menambahkan, peserta pelatihan ini nantinya akan mengikuti lomba penyusunan rencana bisnis plan yang dilaksanakan oleh kementerian perindustrian dan perdagangan RI.

Di tempat yang sama, Walikota Bima saat sambutan menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperindag dan peserta pelatihan. Diharapkannya semoga dengan pelatihan penyusunan rencana bisnis mampu mengurangi kegagalan para wirausaha muda yang baru dan sedang merintis usaha.

“Pengusaha pemula atau muda biasanya cepat bosan dan tidak sabaran, tapi kalau mau berhasil dalam berusaha kuncinya harus tekun dan sabar,” pesan Walikota.

Ia menjelaskan, banyak para pengusaha yang tidak menginjak perguruan tinggi, tapi sukses dalam berusaha. Tentu ini berkat kesabaran dan ketekunannya dalam berusaha.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Bima juga berbagi pengalaman bisnis dengan para peserta pelatihan sebagai motivasi bagi para peserta, untuk tetap tekun membangun bisnis yang mereka geluti.

“Pemerintah Kota Bima juga nantinya akan mensuport perbankkan agar membantu permodalan,” katanya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *