Pilkada Kabupaten Bima, Bakesbangpol Kota Bima Pantau Aktivitas ASN

Kota Bima, Kahaba.- Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 telah dimulai. Pesta demokrasi ini tentu tidak bisa dipisahkan dengan adanya peran oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ambil bagian dan terlibat dalam tahapan Pilkada.

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Achmad Fathoni. Foto: Ist

Kendati Pilkada ini tidak dihelat di Kota Bima, namun sejumlah warga Kabupaten Bima yang juga mengabdi di Kantor Pemerintah Kota Bima dan memungkinkan untuk berpolitik praktis. Maka, Bakesbangpol Kota Bima, memandang perlu untun memantau aktivitas mereka pada Pilkada Kabupaten Bima.

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Achmad Fathoni menyampaikan, setelah tahapan Pilkada Kabupaten Bima dimulai, pihaknya intens memantau aktivitas ASN Kota Bima. Baik itu melalui interaksi sehari-hari maupun aktivitas di media sosial.

“Kita terus pantau, karena secara aturan ASN itu dilarang untuk berpolitik praktis,” tegasnya, Selasa (15/9).

Fathoni juga mengingatkan kepada seluruh aparatur lingkup Kota Bima, agar bisa bersikap netral dan tidak ambil bagian pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bima. Sebab, netralitas ASN sudah diatur sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015.

“Intinya ASN  tidak boleh terlibat. Karena akan diproses dan diberi sanksi,” katanya.

Menurut dia, ASN harus netral dan tidak boleh ikut mengkampanyekan atau mempromosikan salah satu calon yang ikut dalam kontestan pemilihan. Meskipun di sisi lain, ASN memiliki hak yang sama dengan masyarakat untuk memberikan hak pilih.

“Kami imbau ASN untuk tidak terlibat. Karena jika terjadi, kami akan melaporkan kepada Bawaslu,” tegasnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *