Kabar Bima

SPKT Polres Bima Kota Terima 743 Laporan

690
×

SPKT Polres Bima Kota Terima 743 Laporan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Bima Kota selama 9 bukan terakhir, terhitung mulai Januari 2020 hingga tanggal 19 September 2020 telah menerima 237 Laporan Polisi (LP) dan 506 laporan pengaduan dari masyarakat di wilayah hukum Polres Bima Kota.

SPKT Polres Bima Kota Terima 743 Laporan - Kabar Harian Bima
Kanit SPKT 2 Polres Bima Kota AIPTU M Taher (Kiri). Foto: Deno

Kanit SPKT 2 AIPTU M Taher mengatakan, dari catatan dalam buku penerimaan laporan, jumlah laporan yang masuk sebanyak 743 laporan, baik itu laporan polisi maupun laporan pengaduan.

SPKT Polres Bima Kota Terima 743 Laporan - Kabar Harian Bima

“Semua laporan langsung diserahkan ke Sat Reskrim dan Sat Narkoba,” katanya, Selasa (22/9).

Dilihat dari laporan itu kata Taher, beragam kasus dilaporkan mulai dari pencemaran nama baik, penipuan, penggelapan, penganiayaan, peredaran narkoba hingga ke kasus pembunuhan dan pencabulan terhadap anak di bawah umur.

“Semua laporan ini pada prinsipnya tetap diproses,” tegasnya.

Ia menjelaskan, terdapat perbedaan antara laporan dan pengaduan. Laporan yang masuk tidak boleh dicabut dan ditarik kembali, karena laporan bisa diajukan oleh semua orang yang melihat tindak pidana atas hak kewajibannya.

Sedangkan pengaduan bisa dicabut dan ditarik kembali, karena pengaduan dilakukan oleh tertentu yang mensyaratkan harus adanya pengaduan atas tindak pidana tersebut.

*Kahaba-05