Keren, Mahasiswa STIE Bima Sulap Rumah Kosong Jadi Rumah Literasi

Kota Bima, Kahaba.- Selalu saja muncul hal menarik dalam setiap pelaksanaan KKN STIE Bima. Jika sebelumnya bermunculan kreativitas produk dari berbagai bahan lokal yang tidak terpikir masyarakat sebelumnya. Kini ada hal yang sangat keren, karena mahasiswa KKN STIE Bima tahun 2020 Kelompok Kelurahan Kendo menyulap rumah kosong menjadi rumah literasi.

Ketua STIE Bima bersama Lurah Kendo, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bima saat melihat rumah literasi yang dibuat mahasiswa KKN. Foto: Ist

Ketua Kelompok KKN STIE Bima 2020 untuk Kelurahan Kendo Ahmad mengaku, pihaknya sengaja mengajukan program rumah literasi. Karena melihat animo masyarakat yang lebih bergantung pada HP ketimbang buku.

“Padahal buku merupakan jendela dunia. Namun kenyataan sekarang kita lebih banyak pegang HP ketimbang buku,” ujarnya.

Dia meyakini, kurangnya minat baca bukan karena sifat malas semata. Namun juga bisa disebabkan karena tidak tersedianya tempat atau buku untuk dibaca.

“Karena berangkat dari masalah itu, kami coba menginisiasi pembentukan rumah literasi ini,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STIE Bima Firdaus mengaku berbahagia karena anak didiknya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah menghadirkan rumah literasi bagi masyarakat setempat.

“Kami berharap apa yang mahasiswa kami lakukan, yang mungkin tidak seberapa ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kelurahan Kendo, amin,” ucapnya.

Pria dengan gelar Magister Manajemen ini menambahkan, semangat KKN STIE Bima selain menugaskan mahasiswa untuk belajar hidup bersosial di tengah masyakat, juga diwajibkan kepada mahasiswa menularkan semangat membangun kepada masyarakat. Baik itu melalui ekonomi kreatif, pengetahuan umum, maupun pariwisata.

Ketua STIE Bima saat meresmikan rumah literasi yang dibuat mahasiswa KKN. Foto: Ist

“Salah satu yang hadir di depan kita semua (Rumah Literasi, Red) adalah bagian dari semangat kita semua untuk sama-sama menjadi masyarkat yang maju. Baik itu dari bidang ekonomi maupun maju dalam bidang pengetahuan,” paparnya.

Melihat kreativitas mahasiswa KKN tersebut, Lurah Kendo H Andhi Mansyur merasa sangat bangga. Apalagi kehadiran rumah literasi adalah sesuatu yang baru.

“Kami sangat bangga dengan apa yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa STIE Bima. Kami ucapkan terimakasih pada lembaga STIE Bima atas kerja keras ini,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya mengaku akan menjaga dan melanjutkan apa yang sudah dimulai oleh mahasiswa tersebut.

“Akan kami jaga dan teruskan rumah literasi yang direnavasi oleh adek-adek mahasiswa KKN,” tegasnya.

Hal yang sama juga Kepala Dinas Perpusatkaan Kota Bima, H Mahfud. Selain memberi apresiasi kepada mahasiswa dan lembaga STIE Bima, pihaknya berjanji akan memperkaya referensi-referensi di rumah literasi tersebut.

“Selanjutnya menjadi tugas kami untuk menambah referensi buku di sini.  Karena hal ini sangat membanggakan bagi kami, sehingga menjadi tugas bersama kita untuk melanjutkan dan menjaganya,” pungkas Mahfud.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *